Dompet Dakwah Media

Masjid Agung Aljazair, Masjid Terbesar di Afrika dan Ketiga di Dunia akan Dibuka untuk Sholat

Bagi para pengkritiknya, masjid itu dinilai proyek kesombongan dan simbol megalomania mantan otokrat Abdelaziz Bouteflika

Masjid Agung Aljazair, Masjid Terbesar di Afrika dan Ketiga di Dunia akan Dibuka untuk Sholat
Masjid Agung Aljazair

Terkait

Hidayatullah.com–Masjid Agung Aljazair, yang terbesar ketiga di dunia dan terbesar di Afrika, akan dibuka untuk sholat pertamanya pada Rabu, satu tahun setengah setelah pembangunannya selesai.  Dikenal di negara itu sebagai Djamaa El-Djazair, bangunan modernis ini membentang seluas 27,75 hektar, dan hanya lebih kecil dari dua masjid di Makkah dan Madinah, situs suci Islam di Arab Saudi.

Bagi para pengkritiknya, masjid itu adalah proyek kesombongan dan simbol megalomania mantan otokrat Abdelaziz Bouteflika, yang dipaksa turun pada April tahun lalu setelah protes jalanan massal menentang pemerintahannya selama dua dekade.

Presiden Abdelmadjid Tebboune diharapkan meresmikan masjid – yang kapasitas maksimalnya 120.000 – dalam acara pembukaan pada Rabu, malam menjelang Maulid Nabi Muhammad ﷺ.  Namun kehadirannya diragukan setelah kantornya mengumumkan sehari sebelumnya bahwa dia sedang dirawat di rumah sakit.

Tebboune telah mengisolasi diri pekan lalu menyusul dugaan kasus virus corona di antara para ajudannya, tetapi kantor kepresidenan mengatakan Selasa bahwa “kondisi kesehatan Tebboune tidak menimbulkan kekhawatiran apa pun”. Tidak jelas berapa banyak orang yang diizinkan menghadiri sholat di tengah pandemi virus corona baru.

Interior masjid, bergaya Andalusia, didekorasi dengan kayu, marmer, dan pualam. Terpampang juga teks Al-Quran sepanjang enam kilometer (3,7 mil) dalam kaligrafi Arab, bersama dengan sajadah pirus.

Masjid ini bertujuan untuk menjadi pusat teologi, budaya dan penelitian yang penting, dan kompleks tersebut memiliki perpustakaan yang dapat menampung jutaan buku. Menampilkan arsitektur geometris, masjid ini juga menawarkan menara tertinggi di dunia – 267 meter (875 kaki) – dilengkapi dengan lift dan platform pengamatan yang menghadap ke ibu kota dan Teluk Algiers.

Bangunan tertinggi sebelumnya adalah menara setinggi 210 meter di kota Casablanca, Maroko.  Tapi ini semua datang dengan biaya lebih dari 1 miliar AS Dolar uang publik, menurut angka kementerian keuangan.

Lima imam memimpin masjid dan lima muazin bertanggung jawab untuk melakukan azan, kata Kamel Chekkat, anggota asosiasi ulama cendekiawan Muslim Aljazair.*

Rep: Nashirul Haq

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !