Selasa, 2 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Internasional

‘Israel’ Akan Menentang Penjualan F-35 AS ke Qatar demi Memastikan ‘Superioritas militer’

Israeli Air Force/Wikipedia
Jet tempur terbaru Israel - F-35 (kiri) terlihat dalam penerbangan bersama dengan jet F-16 yang lebih tua pada 13 Desember 2016.
Bagikan:

Hidayatullah.com–‘Israel’ akan menentang penjualan jet tempur F-35 Amerika ke Qatar. Hal itu demi memastikan keunggulan militernya sendiri di wilayah tersebut, kata Menteri Intelijen ‘Israel’ pada hari Ahad (11/10/2020), Middle East Eye melaporkan.

“Keamanan dan superioritas militer kami di wilayah itu adalah hal yang paling penting bagi kami. “Wilayah kami masih belum berubah menjadi Swiss,” kata Menteri Intelijen Eli Cohen kepada Radio Angkatan Darat ‘Israel’ pada Ahad.

Cohen menanggapi pertanyaan tentang laporan Reuters bahwa Qatar telah mengajukan pembelian jet F-35 kepada AS, yang dihargai karena kemampuan mereka untuk menghindari deteksi.

Permintaan Qatar mengikuti kesepakatan Agustus antara AS dan Uni Emirat Arab di mana Washington setuju untuk mempertimbangkan memberikan persetujuan negara Teluk untuk membeli F-35. Permintaan UEA dianggap sebagai kesepakatan sampingan untuk perjanjian yang ditengahi AS yang disebut Abraham Accords untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan ‘Israel’.

‘Israel’ juga menentang penjualan F-35 ke UEA, meskipun ada hubungan baru dengan negara itu. Duta Besar Amerika untuk pemerintah Zionis, David Friedman, mengatakan UEA mungkin harus menunggu hingga tujuh tahun untuk penjualan tersebut.

Dalam wawancara dengan Jerusalem Post pada bulan September, Friedman mengatakan memastikan keuntungan militer ‘Israel’ di wilayah tersebut adalah “masalah hukum, bukan masalah kebijakan”.

“Sudah menjadi undang-undang AS sejak 2008, dan kebijakan AS jauh lebih lama dari itu. ‘Israel’ telah menangani QME (tepi militer kualitatif) di belakang layar secara profesional dan berhasil selama lebih dari satu dekade; itu akan terus berjalan seperti ini”.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia “tidak masalah” menjual jet tempur ke UEA, namun belum ada tanggapan untuk permintaan Qatar, yang sebelumnya ia sebut sebagai “sekutu utama non-NATO”.*

Rep: Fida' A.
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Kenya Beri Penghargaan Pria Muslim yang Melindungi Warga Kristen Penumpang Bus

Kenya Beri Penghargaan Pria Muslim yang Melindungi Warga Kristen Penumpang Bus

Taiwan Aktif Tarik Wisatawan Muslim

Taiwan Aktif Tarik Wisatawan Muslim

Al Ikhwan: ”Setelah ini, Amerika dan Zionis Tidak Bisa Kontrol Kita”

Al Ikhwan: ”Setelah ini, Amerika dan Zionis Tidak Bisa Kontrol Kita”

Turki Jual Alat Medis Termasuk Ventilator Ke AS

Turki Jual Alat Medis Termasuk Ventilator Ke AS

Konflik RI-Australia Masuki Dunia Bisnis

Konflik RI-Australia Masuki Dunia Bisnis

Baca Juga

Berita Lainnya