Dompet Dakwah Media

Mesir Kembali Eksekusi Mati 15 Tahanan Politik yang Ditahan Sejak 2014

Kelompok HAM menyebut eksekusi itu melanggar hukum karena sebagian besar tahanan telah menjadi sasaran penghilangan paksa dan penyiksaan sebelum mereka dihukum. Mereka ditangkap setelah mengorganisir protes terhadap kudeta militer 2013.

Mesir Kembali Eksekusi Mati 15 Tahanan Politik yang Ditahan Sejak 2014
AP
[Ilustrasi] Pengunjuk rasa menampilkan simbol rabia, sebagai protes kudeta militer 2013 yang kemudian dibunhkam

Terkait

Hidayatullah.comOtoritas Mesir telah mengeksekusi 15 tahanan sejak Sabtu, semuanya tahanan politik, kata sebuah kelompok hak asasi dan keluarga kepada Middle East Eye.

Menurut We Record, sebuah organisasi yang melacak dan mendokumentasikan hukuman mati di Mesir, pihak berwenang mengeksekusi pada hari Sabtu (03/10/2020) 15 tahanan yang telah ditahan sejak 2014, dalam tiga kasus yang digambarkan organisasi itu sebagai “politik”.

Seorang juru bicara kelompok tersebut mengatakan kepada Middle East Eye bahwa eksekusi itu “melanggar hukum” karena sebagian besar tahanan telah menjadi sasaran penghilangan paksa dan penyiksaan sebelum mereka dihukum.

Dua tahanan, Yasser Abasiri dan Yasser Shakr, adalah anggota kelompok yang dilarang Ikhwanul Muslimin, dari kota pesisir Alexandria.

Mereka ditangkap setelah mengorganisir protes terhadap kudeta militer 2013 yang membawa Presiden Abdel Fattah As-Sisi ke tampuk kekuasaan, kata juru bicara itu.

MEE telah mendekati keluarga Abasiri dan Shakr untuk dimintai komentar, tetapi belum menerima tanggapan hingga saat publikasi.

Mendiang Presiden Mesir Muhammad Mursi, seorang anggota senior Ikhwan, digulingkan dari kekuasaan oleh menteri pertahanannya Sisi pada Juli 2013. Sisi telah menjadi presiden sejak 2014.

Menurut Ahmed el-Attar, seorang peneliti hak asasi manusia yang berbasis di London, sebagian besar dari mereka yang dieksekusi pada hari Sabtu telah ditahan di Penjara Scorpion dengan keamanan maksimum, tempat ratusan tahanan politik ditahan.

Pada 23 September, tiga polisi dan empat tahanan terpidana mati tewas dalam pelarian penjara yang gagal dari Penjara Scorpion, menurut kementerian dalam negeri.

Attar berargumen bahwa waktu eksekusi mungkin terkait dengan insiden tersebut, karena mereka yang digantung kemungkinan menjadi saksi atas apa yang terjadi.

Dengan eksekusi pada hari Sabtu, Attar mengatakan jumlah tahanan politik yang dieksekusi sejak Sisi berkuasa telah mencapai 79, dengan 25 di antaranya digantung pada tahun 2020.

Tagar yang diluncurkan di media sosial oleh aktivis oposisi Mesir untuk mengutuk eksekusi tersebut menjadi salah satu tren teratas di Mesir pada hari Senin (05/10/2020).

Abdullah el-Sharif, seorang influencer media sosial Mesir, menyatakan bahwa eksekusi tersebut merupakan tanggapan atas protes sporadis anti-pemerintah yang diadakan sejak 20 September.

“Menulis tentang pembantaian eksekusi, tentang para sandera yang ditahan di penjara junta, dan tentang perlakuan mereka terhadap orang Mesir dengan logika hukuman setelah pemberontakan,” tulisnya di Twitter.

Menurut Haitham Abu Khalil, seorang aktivis hak asasi manusia Mesir yang berbasis di Turki, delapan tahanan lagi digantung pada hari Sabtu dalam “kasus kriminal”.

Bisakah kamu membayangkan apa yang terjadi pada hari Sabtu yang berdarah? tulisnya di Facebook.

“(Otoritas Mesir) sangat ingin mengeksekusi 23 orang pada hari yang sama untuk menyampaikan dua pesan. 1. Meneror jalanan Mesir setelah Friday of Rage yang gagal, 2. Menanggapi kematian empat polisi di Penjara Scorpion. ”

Menurut Amnesty International, pemerintah Sisi adalah algojo terburuk kelima di dunia pada 2019, setelah China, Iran, Arab Saudi, dan Irak.

Pengadilan Mesir mengeluarkan setidaknya 435 hukuman mati tahun lalu, dibandingkan dengan rekor 717 pada 2018, kata Amnesty.*

Rep: Fida' A,

Editor: Rofi' Munawwar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !