Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Donald Trump dan Istrinya Terinfeksi Virus Corona

Sebastian Scheiner/AP Photo
Presiden AS Donald Trump dan PM Israeli Benjamin Netanyahu
Bagikan:

Hidayatullah.com— Presiden Donald Trump dan istrinya Melania Trump dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Presiden mengumumkan pada Jumat pagi. Hal ini terjadi menjelang kampanye final pemilihan presiden lapor CNN pada (02/10/2020).

“Malam ini, @FLOTUS dan Saya dinyatakan positif COVID-10. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melalui ini BERSAMA!” Trump mentweet sesaat sebelum jam 1 pagi hari Jumat.

Dalam memo yang dikeluarkan kepada wartawan sekitar pukul 1 pagi ET, dokter Presiden, Komandan Angkatan Laut Dr. Sean Conley, menulis bahwa dia menerima konfirmasi dari tes positif pada Kamis malam.

“Presiden dan Ibu Negara keduanya baik-baik saja saat ini, dan mereka berencana untuk tetap di rumah di Gedung Putih selama pemulihan mereka,” tulis Conley.

“Tim medis Gedung Putih dan saya akan terus berjaga-jaga, dan saya menghargai dukungan yang diberikan oleh beberapa profesional dan institusi medis terhebat di negara kita,” tulis Conley, tanpa merinci bantuan apa yang diberikan kepada Gedung Putih.

“Tenanglah saya berharap Presiden terus menjalankan tugasnya tanpa gangguan sambil memulihkan diri, dan saya akan terus mengabari perkembangan selanjutnya,” tulisnya.

Presiden mengatakan Kamis malam bahwa dia berencana untuk karantina setelah salah satu pembantu terdekatnya dinyatakan positif terinfeksi.

“Hope Hicks, yang telah bekerja sangat keras bahkan tanpa istirahat sebentar, baru saja dinyatakan positif Covid 19. Mengerikan! Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami! ” tweet Trump Kamis malam.

Hicks telah bepergian dengan Presiden beberapa kali baru-baru ini, termasuk ke debat di Cleveland pada hari Selasa, dan terlihat menaiki Marine One, bersama dengan beberapa pembantu terdekat Presiden lainnya – Jared Kushner, Dan Scavino, dan Nicholas Luna – tidak satupun dari mereka mengenakan masker, pada hari Rabu saat Trump menuju tempat kampanyenya di Minnesota.

“Dia dinyatakan positif, saya baru saja mendengar tentang ini. Dia dinyatakan positif. Dia pekerja keras. Banyak masker, dia banyak memakai masker tetapi dia dinyatakan positif. Lalu saya melakukan tes. Saya akan lihat – Anda tahu, karena kami menghabiskan banyak waktu – dan ibu negara baru saja pergi untuk tes juga. Jadi, apakah kami karantina atau memilikinya, saya tidak tahu,” kata Trump saat dihubungi “Hannity” dari Fox News.

Dia menambahkan, “Saya baru saja menjalani tes dan kita akan lihat apa yang terjadi, maksud saya, siapa tahu. … Saya menghabiskan banyak waktu dengan Hope dan begitu juga ibu negara, dan dia luar biasa.”

Meskipun tidak jelas seperti apa “proses karantina” Presiden akan dilakukan, pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyatakan bahwa karantina 14 hari harus dilakukan setelah paparan terakhir yang diketahui kepada seseorang yang dites positif Covid-19. Pasalnya, masa inkubasi virus corona baru bisa mencapai dua minggu.

Berita tes positif Hicks muncul di tengah upaya berkelanjutan oleh administrasi Trump untuk secara terang-terangan mengabaikan sains dan praktik kesehatan masyarakat terbaik selama pandemi, dengan staf West Wing secara aktif menghindari masker dan Presiden menentang rekomendasi dari gugus tugas virus corona sendiri, melanjutkan dengan kesibukannya menghadiri kampanye untuk pemilihan presiden. Trump dan para pembantu utamanya telah menunjukkan sedikit minat dalam mengubah praktik stafnya untuk memenuhi kebutuhan saat ini.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Anti-Islam Desak Eropa Tolak Migrasi Muslim

Anti-Islam Desak Eropa Tolak Migrasi Muslim

Perusahaan Jerman Diduga Menipu Warren Buffett €643 Juta

Perusahaan Jerman Diduga Menipu Warren Buffett €643 Juta

Arab Saudi Larang 51 Nama Bayi

Arab Saudi Larang 51 Nama Bayi

Patroli di Pusat Kegiatan Yahudi 3 Tentara Prancis Ditikam

Patroli di Pusat Kegiatan Yahudi 3 Tentara Prancis Ditikam

Sidang Pra-Peradilan Bradley Manning Dimulai

Sidang Pra-Peradilan Bradley Manning Dimulai

Baca Juga

Berita Lainnya