Dompet Dakwah Media

Hilang Dari London Buku Langka Galileo Isaac Newton Ditemukan di Rumania

Hilang Dari London Buku Langka Galileo Isaac Newton Ditemukan di Rumania

Terkait

Hidayatullah.com—Buku-buku berharga karya Galileo, Sir Isaac Newton dan Francisco Goya ditemukan dalam penggeledahan yang dilakukan poisi Rumania tiga tahun setelah dicuri dalam aksi canggih dari sebuah gudang pos di London.

Polisi menemukan sekitar 20 buku dengan nilai keseluruhan sekitar £2,5 juta ketika menggeledah sebuah rumah di kawasan pedesaan di Rumania, lansir Euronews Jumat (18/9/2020).

Di antara ratusan buku itu terdapat karya dari Galileo, Newton dan Goya yang dianggap sebagai barang sangat berharga.

Sekelompok bandit mencuri buku-buku itu dari sebuah gudang transit di Feltham, dekat London, di mana mereka disimpan sebelum dikirimkan ke Las Vegas, Amerika Serikat, untuk dijual dalam sesi lelang buku spesial.

Pencuri membuat lubang di bagian atap bangunan, menyelinap masuk dan menghindari sensor keamanan berlapis ketika melakukan aksi pencurian.

Inspektur Andy Durham dari Kepolisian Metropolitan London berkata, “Buku-buku ini sangat luar biasa berharga, tetapi yang lebih penting lagi buku-buku itu tidak tergantikan dan merupakan warisan budaya internasional yang sangat penting.”

Polisi mengatakan geng kriminal berkaitan dengan keluarga bandir Clamparu, yang berbasis di daerah Iasi, Rumania, merupakan pelaku pencurian tersebut.

Geng kriminal itu berhasil menghindari kejaran aparat hukum di Rumania dengan melakukan pencurian-pencurian kelas kakap di negara-negara lain.

Diperkirakan geng itu menggunakan metode yang sama untuk melakukan 11 aksi pencurian lain di London, mengambil properti bernilai £2 juta. 

Di Inggris, total 13 orang telah dijerat dakwaan melakukan konspirasi untuk melakukan perampokan antara Desember 2016 dan April 2019. Dua belas di antara mereka mengakui perbuatan mereka dan akan menjalani sidang vonis hukuman pada 28 September.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !