Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Kasus Infeksi Covid-19 Dunia Tembus Angka 25 Juta

[Ilustrasi]
Bagikan:

Hidyatullah.com—Kasus infeksi Covid-19 global hari Ahad (30/8/2020) telah menembus angka 25.000.000, menurut perhitungan kantor berita Reuters.

Angka resmi kasus coronavirus global sekarang ini setidaknya lima kali lebih tinggi dibanding kasus influenza parah tahunan, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di seluruh dunia tercatat lebih dari 840.000 orang meninggal dunia akibat Covid-19. Sebagai perbandingan, penyakit influenza setiap tahun berkaitan dengan 290.000 sampai 650.000 kematian.

Kecepatan pertambahan kasus infeksi baru global sudah agak stabil sedikit. Peningkatan infeksi sebanyak 5 juta menjadi total 25 juta terjadi dalam masa tiga pekan. Padahal sebelumnya butuh waktu 39 hari untuk peningkatan sebanyak 5 juta kasus menjadi total 10 juta, 24 hari untuk naik lagi 5 juta menjadi 15 juta, dan 19 hari untuk bertambah 5 juta menjadi total 20 juta.

Tingkat pertambahan kasus baru harian pada bulan Agustus sekitar 1,2%. Bandingkan dengan bulan Juli yang mencapai 17,%, Juni 1,8%, Mei 2,1%, April 4,6% dan Maret 7,7%.

Para pakar kesehatan menegaskan bahwa data resmi yang dikeluarkan pemerintah berbagai negara hampir dipastikan lebih rendah dibanding jumlah infeksi dan kematian yang sesungguhnya, terutama di negara di mana jumlah tes yang dilakukan masih tergolong rendah. Selain itu ada beberapa negara yang disinyalir pemerintahnya “sengaja” menciutkan laporan data Covid-19 dengan alasan tertentu semisal agar rakyatnya tidak panik atau mengesankan pemerintah bersangkutan berhasil menanggulangi wabah.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Separuh Perbudakan Ada di India

Separuh Perbudakan Ada di India

Dubes AS: “Kini Saat Yang Tepat Untuk Kurangi Tentara AS”

Dubes AS: “Kini Saat Yang Tepat Untuk Kurangi Tentara AS”

Alwaleed, bukan Pangeran Negeri Dongeng

Alwaleed, bukan Pangeran Negeri Dongeng

Qatar Beli Saham Shell

Qatar Beli Saham Shell

Hindari Konflik Amir Kuwait Bekukan Parlemen

Hindari Konflik Amir Kuwait Bekukan Parlemen

Baca Juga

Berita Lainnya