Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Sepatu Yeezy Kanye West Tuai Kecaman karena Gunakan Nama Malaikat Islam

Jonathan Leibson/Getty Images for ADIDAS
Kanye West
Bagikan:

Hidayatullah.com — Rapper Amerika Kanye West, yang mendirikan lini fashion sepatu pada tahun 2009, dituduh tidak menghormati Islam dengan menamai dua sepatu edisi terbaru Adidas Yeezy-nya dengan nama malaikat dalam Islam lapor Middle East Monitor (25/08/2020).

Adidas merilis sepatu baru Yeezy Boost 350 V2 Israfil dan Yeezy Boost 350 V2 Asrail pada minggu lalu, yang merupakan nama malaikat dalam Islam yang bertugas meniup terompet sangkakala untuk mengumumkan Hari Akhir dan malaikat pencabut nyawa (Asrail adalah penyebutan lain dari Izrail). Unggahan yang diposting Adidas di Twitter ini memicu kritik yang menyebut rapper dan brand sepatu itu melecehkan budaya Islam, selain itu petisi telah diluncurkan untuk memboikot lini fashion itu dan mengubah nama kedua sepatu tersebut.

“Menamai sebuah sepatu dengan nama Malaikat Tuhan yang penting, dalam agama Islam, sangat tidak sopan,” salah pengguna Twitter menulis, memperingatkan bahwa tokoh-tokoh yang berhubungan dengan agama tidak seharusnya dicatut dalam desain sepatu. “@Adidas yang terhormat, saya akan BERHENTI membeli dan menggunakan produk Anda jika nama sepatu terbaru Kanye West itu tidak diubah karena TIDAK MENGHORMATI Islam,” kata yang lain.

Kritik lain menuduh Kanye dan Adidas “mengolok-olok Islam” dan menggunakan nama-nama tersebut untuk “taktik pemasaran” demi mendapatkan publisitas maksimal. Meskipun mendapat kritik keras sepatu Yeezy Israfil telah habis terjual dan model Asriel akan dirilis pada bulan depan.

Petisi yang mendesak brand tersebut untuk mengganti nama model sepatu menyatakan: “Telah menjadi perhatian Masyarakat Muslim Dunia bahwa Adidas mengizinkan produksi sepatu yang dinamai dengan nama malaikat agung dalam Islam. Hingga pemberitahuan lebih lanjut, kami meminta semua Muslim untuk memboikot produk Adidas, menghentikan semua penjualan produk Adidas oleh toko ritel pihak ketiga milik Muslim hingga Adidas menghentikan produksi komoditas ini.”

Rep: Nashirul Haq
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Banyak Pemuda Saudi Gemar “Memburu Hantu”

Banyak Pemuda Saudi Gemar “Memburu Hantu”

Parlemen Turki Ingin Larangan Celana Panjang Dicabut

Parlemen Turki Ingin Larangan Celana Panjang Dicabut

UMNO Pilih Mantan Wakilnya Najib Razak Jadi Ketua

UMNO Pilih Mantan Wakilnya Najib Razak Jadi Ketua

20 Orang Tewas oleh Tembakan Aparat di Kashmir

20 Orang Tewas oleh Tembakan Aparat di Kashmir

Mufti Besar Saudi: Patuhilah Pemimpin Negeri

Mufti Besar Saudi: Patuhilah Pemimpin Negeri

Baca Juga

Berita Lainnya