Dompet Dakwah Media

Satu Keluarga Muslim Beranggotakan 5 Orang Meninggal dalam Insiden yang Diduga Pembakaran dan Pembunuhan di Denver

Dua anak-anak dan tiga orang dewasa meninggal dalam kebakaran rumah di Denver diduga karena pembunuhan dan pembakaran

Satu Keluarga Muslim Beranggotakan 5 Orang Meninggal dalam Insiden yang Diduga Pembakaran dan Pembunuhan di Denver
Bekas pembakaran rumah satu keluarga Muslim di Denver (TheDenverChannel)

Terkait

Hidayatullah.com–Dua anak-anak dan tiga orang dewasa meninggal dalam kebakaran rumah di Denver diduga karena pembunuhan dan pembakaran. Demikian menurut laporan-laporan awal dari Departemen Pemadam Kebakaran dan Kepolisian Denver.

Pada sekitar pukul 02.40 Rabu pagi, Sekitar 2:40 Rabu pagi, seorang petugas polisi Denver menelepon pemadam kebakaran untuk melaporkan asap di sepanjang 5300 blok Jalan N. Truckee, kata Kapten Greg Pixely dari Departemen Pemadam Kebakaran Denver. Tak lama kemudian panggilan itu diikuti panggilan 911 oleh beberapa penduduk tentang kebakaran di lingkungan yang sama, yang tidak jauh dari Suaka Margasatwa Nasional Gunung Rocky.

Pixley mengatakan polisi tiba di rumah, yang terletak di 5312 Truckee Drive, sekitar 2:55 pagi dan melakukan upaya yang berani untuk mencoba membantu orang-orang yang masih di dalam akibat terjebak kebakaran.  Dia mengatakan petugas yang berusaha menyelamatkan orang-orang dari rumah didorong mundur karena panas api yang luar biasa.

Pixley dikutip laman thedenverchannel mengatakan menurut laporan awal, seorang balita, anak-anak dan tiga orang dewasa wafat dalam kebakaran itu dan kelimanya ditemukan di bagian bawah rumah. Tiga orang yang berada di lantai dua gedung itu bisa mengungsi sendiri. Pixley mengatakan petugas pemadam kebakaran melaporkan bahwa orang-orang tersebut melompat dari lantai dua. Luka mereka belum diketahui.

Kepala Divisi Departemen Kepolisian Denver (DPD) Joe Montoya mengatakan bukti menunjukkan insiden ini adalah pembakaran, jadi polisi akan menyelidiki kasus tersebut bersama dengan pemadam kebakaran. Montoya mengatakan dia tidak dapat membahas rincian tentang bukti tersebut pada Rabu (12/8/2/2020) pagi.

Pixley mengatakan petugas pemadam kebakaran bekerja keras untuk mengurangi ancaman api yang menyebar ke dua rumah tetangga. Kedua rumah itu mengalami kerusakan. “Setiap kali kita mengalami kebakaran seperti ini di mana kita kehilangan nyawa, itu adalah komponen penting bagi polisi dan pemadam kebakaran untuk bekerja sama untuk memastikan penyelidikan ini diselesaikan tepat waktu yang mengeluarkan informasi sehingga kita dapat mengurangi kemungkinan ini terjadi lagi, “katanya.

Penyidik kebakaran dan DPD akan bekerja untuk menentukan penyebab kebakaran. Kerusakan rumah itu jelas, kata Pixley. Tidak ada petugas pemadam kebakaran atau polisi yang terluka.  DPD mengatakan petugas dan unit pembunuhannya memberikan “dukungan logistik dan investigasi” dalam kasus ini.

Pixley mengatakan pemadam kebakaran dan DPD akan mengumpulkan semua yang mereka bisa untuk mengungkap kebenaran dan penyebab di balik kebakaran.

“Penyelidik kebakaran kami akan bekerja keras untuk mencoba membuat keputusan tentang apa sebenarnya yang menyebabkan kebakaran ini,” kata Pixley. “Ini adalah waktu yang berat bagi komunitas ini.”

Pixley mengatakan bahwa anjing pendeteksi digunakan mendeteksi akselerasi api seperti bensin untuk menentukan apakah ada akselerator yang digunakan untuk menyalakan dan menyebarkan api. Seorang juru bicara DPD mengatakan pada Rabu sore bahwa mereka sedang menyelidiki kasus tersebut sebagai pembunuhan.

Polisi tidak menjelaskan secara rinci, tetapi mengatakan bahwa saat bekerja dengan penyelidik pembakaran, mereka menemukan bukti yang membuat mereka percaya bahwa kebakaran itu lebih mencurigakan daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Teman, keluarga dan tetangga para korban mengatakan bahwa keluarga tersebut telah berimigrasi dari Senegal. Papa Dia, pendiri Grup Kepemimpinan Afrika yang berbasis di Aurora, mengatakan GoFundMe untuk keluarga telah disiapkan. Pada Kamis pukul 6 pagi, hampir 51.000 AS Dolar telah terkumpul.

“Kami sangat bersedih. Kami tidak percaya bahwa seluruh keluarga akan pergi dalam hitungan menit, ”kata Dia. “Saat ini, kami memiliki banyak pertanyaan – lebih banyak daripada jawaban kami. Jadi kami berharap mendapatkan klarifikasi tentang apa yang terjadi, tetapi satu hal yang dapat saya sampaikan kepada Anda adalah kami membutuhkan seluruh dukungan. Dan saat ini yang kami hadapi sebagai komunitas pada umumnya, kami harus bersatu, dan sebagai imigran dan sebagai Muslim, dukungan apa pun, kami menyambutnya.”

Abou Djibril berkata bahwa dia adalah saudara laki-laki dari salah satu korban, dan menggambarkan dia sebagai orang yang baik. “Pekerja yang baik dan seperti Muslim yang baik. … Dia menghormati semua orang dan membantu semua orang, ”kata Djibril.

Moussa Diol, saudara laki-laki lain dari korban, mengatakan dia sangat sedih.  “Yang bisa saya katakan adalah dia orang yang baik. Dia adalah seorang pendukung. Dia adalah saudara baik saya, ”kata Diol.

Dia mengatakan komunitas Afrika Barat tidak berspekulasi apa pun tentang penyebab kebakaran. “Kami tidak ingin memulai apa pun; kami tidak ingin menyebutnya kebencian, “katanya. “Kami tidak tahu”.

Korban kebakaran belum secara resmi diidentifikasi oleh pihak berwenang.  Tetangga Morice Sims Herrick tinggal di seberang jalan. Dia mengatakan teman sekamarnya membangunkannya Rabu pagi dan memberitahunya bahwa rumah tetangga sedang terbakar.

Ketika ditanya apakah dia mendengar atau melihat sesuatu sebelum kebakaran terjadi, Herrick mengatakan dia memeriksa kamera Ring rumah mereka dan tidak melihat apapun.  Herrick berharap kebakaran itu tidak disengaja.

“Saya berharap itu bukan dunia tempat kita tinggal, dan hal-hal yang harus dikhawatirkan orang – ras, agama, dan imigrasi yang berbeda – saya harap kita melampaui itu,” katanya. “Saya benar-benar berharap dan berdoa bukan itu alasannya. Pikiran dan doa saya untuk keluarga dan semua orang mendukung mereka.”*

Rep: Nashirul Haq

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !