Dompet Dakwah Media

Laporan Penyelidikan: Kerusuhan Februari di Delhi Direncanakan dengan Baik

Kerusuhan meletus beberapa jam setelah pidato provokasi oleh politisi yang berafiliasi dengan BJP

Laporan Penyelidikan: Kerusuhan Februari di Delhi Direncanakan dengan Baik
Anggota keluarga salah satu korban tewas dalam kerusuhan Delhi yang berduka di luar kamar mayat Rumah Sakit GTB. (Foto: PTI)

Terkait

Hidayatullah.com-“Kerusuhan Februari di ibu kota India, New Delhi telah direncanakan dengan baik,” ujar laporan pencarian fakta oleh Komisi Minoritas Delhi pada Kamis (16/07/2020), Anadolu Agency melaporkan.

Dalam laporan tersebut, komisi menyoroti bahwa kerusuhan menyebabkan penggusuran sejumlah besar keluarga Muslim.

Kerusuhan komunal, yang berubah menjadi kekerasan, di timur laut Delhi antara 23 dan 27 Februari menewaskan lebih dari 53 orang, sebagian besar Muslim, dan melukai lebih dari 250.

Laporan itu juga mendokumentasikan bahwa 11 masjid, lima pondok Muslim, satu kuil, dan satu kuburan diserang dan dirusak dalam kekerasan.

Ini juga menunjukkan bahwa penyerahan lembar tuntutan ke dalam pengaduan, tanpa investigasi yang tepat, telah menciptakan keraguan atas ketidakberpihakan penyelidikan.

Laporan itu mencatat bahwa kekerasan meletus di berbagai tempat di timur laut Delhi dalam beberapa jam pada 23 Februari setelah pidato mematikan oleh Kapil Mishra, seorang politisi yang berafiliasi dengan Partai Bhartiya Janata (BJP) yang berkuasa.

Pada 26 Februari, Pengadilan Tinggi meminta Kepolisian Delhi untuk mengambil “keputusan sadar” untuk mendaftarkan laporan informasi pertama (FIR) dalam 24 jam terhadap Mishra, Anurag Thakur dan Parvesh Verma atas pidato mereka yang mengarah pada hasutan kekerasan.

Hingga saat ini, belum ada FIR yang terdaftar terhadap para pemimpin BJP.

Berbicara kepada Anadolu Agency, M.R. Shamshad, advokat-on-record, Mahkamah Agung India, yang mengepalai komite pencarian fakta beranggotakan 10 orang, mengatakan seluruh narasi kerusuhan diubah oleh polisi.

“Perangkat FIR tertentu diprioritaskan sehingga menimbulkan persepsi bahwa umat Islam memicu kerusuhan. Ini tidak akan terjadi jika keluhan dari penduduk Muslim juga diselidiki tanpa penyimpangan, keluhan mereka sebagian besar dilewatkan atau ditunda, ” kata Shamshad.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa para korban, yang kebanyakan adalah Muslim, akan lebih baik jika dilayani dengan keadilan dan pencairan bantuan moneter yang lebih cepat. Di beberapa daerah di timur laut Delhi, properti yang dimiliki oleh umat Islam dijarah, dibakar, dan dihancurkan.

Laporan pencarian fakta setebal 130 halaman telah diserahkan kepada Letnan Gubernur Delhi Anil Baijal, dan Ketua Menteri Arvind Kejriwal, yang belum mengambil tindakan apa pun.

Laporan komisi itu juga menunjukkan bahwa gerombolan orang bersenjata besar menyerang Delhi timur laut yang didominasi Muslim, meneriakkan slogan-slogan seperti “Jai Shri Ram”, “Har Har Modi,” slogan-slogan yang terkait dengan partai sayap kanan yang berkuasa.

“Massa secara khusus merusak dan membakar tempat-tempat ibadah dan sekolah Muslim serta simbol-simbol agama seperti salinan Al-Qur’an. Tempat-tempat ibadah non-Muslim di daerah mayoritas Muslim tetap tidak tersentuh dan dijaga oleh tetangga Muslim mereka selama kerusuhan, ” katanya.

Komite pencari fakta telah membuat rekomendasinya, meminta pemerintah untuk memastikan pendaftaran kasus yang tepat dan cepat, memastikan pencatatan pernyataan korban, dan menyediakan perlindungan saksi dan korban, di antara banyak lainnya.

Shamshad menambahkan bahwa ada pijakan yang lebih rendah dari laporan seperti itu dan telah dikirim untuk menunggu.

Harish Khurana, juru bicara BJP yang berkuasa, menolak laporan itu.

“Ketika Kepolisian Delhi telah menyatakan di pengadilan bahwa tidak ada peran yang dapat dibuktikan dari Kapil Mishra dan Parwesh Sahib Singh [sekretaris jenderal BJP untuk Negara Bagian Delhi] maka atas dasar apa DMC [Komisi Minoritas Delhi] mengatakan ini,” cuitnya di Twitter.*

Rep: Fida A.

Editor: Rofi' Munawwar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !