Senin, 5 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Internasional

Di Hari Kemerdekaan AS, Patung Melania Trump di Slovenia Dibakar

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebuah patung kayu yang menampakkan sosok Melania Trump, istri Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang terletak di kampung halamannya di Slovenia dikabarkan telah dibakar sehingga terpaksa disingkirkan.

Brad Downey, seniman AS yang membuat patung tersebut, mengatakan bahwa patung itu dibakar pada tanggal 4 Juli yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan AS.

Seniman yang bermukim di Berlin itu menyuruh orang untuk menyingkirkan patung gosong tersebut keesokan harinya.

Polisi mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sudah mulai melakukan penyelidikan atas kasus tersebut, lansir BBC Kamis (9/7/2020).

Gedung Putih tidak memberikan tanggapan ketika dimintai komentar berkaitan dengan peristiwa itu.

Patung yang menggambarkan sosok Melania Trump itu, yang sebenarnya nyaris tidak ada kemiripannya sama sekali dengan ibu negara AS tersebut, dibuat dari pahatan sebuah kayu utuh dan ditegakkan di pinggiran Sevnica di bagian tengah Slovenia, kampung halaman wanita yang meniti karir di AS sebagai model itu sebelum menjadi wanita ketiga yang dinikahi Donald Trump.

Patung itu menampakkan Melania dalam busana berwarna biru muda, seperti yang dikenakannya dalam upacara pengambilan sumpah suaminya sebagai presiden AS. Tangan kiri patung dipahat seolah-olah dia sedang melambaikan tangan.

Ketika ditegakkan pada Juli 2019, patung itu mengundang beragam reaksi. Sebagian penduduk lokal menyebut patung itu “memalukan” sebab lebih mirip karakter Smurfette dalam kartun Smurf daripada ibu negara AS tersebut.

Downey mengatakan kepada Reuters bahwa dirinya ingin mengetahui siapa yang merusak patung itu dan mengapa.

Dia mengatakan patung itu diharapkannya dapat membuka dialog tentang situasi politik di AS, termasuk perdebatan soal keimigrasian.

Melania Trump, seorang model yang dibesarkan di Slovenia ketika negara itu masih menjadi bagian dari negara Yugoslavia, bermigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1990-an.

Sejak Donald Trump terpilih menjadi presiden AS pada tahun 2016, Sevnica menjadi daya tarik wisatawan yang ingin mengetahui seperti apa kiranya kehidupan awal seorang Melania sebelum pindah ke AS dan menjadi “orang besar”.

Warga lokal yang memiliki semangat berwirausaha membuat beragam produk dan diberi merek ‘Melania’, seperti sandal jepit, kue, dan bahkan burger yang dibuat dengan hiasan keju menggambarkan rambut blonde suaminya.

Pada bulan Agustus 2019, sebuah patung kayu yang menampilkan sosok Donald Trump didirikan bagian timur ibu kota Ljubljana. Seperti halnya patung Melania, patung tersebut mengundang kontroversi. Baru berdiri tegak dengan tinggi 8 meter selama beberapa bulan saja, patung tersebut dibakar orang bulan Januari tahun ini.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Angkatan Laut AS Pecat Komandan Kapal Induk yang Mengangkat Soal Wabah Coronavirus di Armadanya

Angkatan Laut AS Pecat Komandan Kapal Induk yang Mengangkat Soal Wabah Coronavirus di Armadanya

Karantina Diserbu Perusuh, 17 Pasien Ebola Melarikan Diri Sprei Pasien Dijarah

Karantina Diserbu Perusuh, 17 Pasien Ebola Melarikan Diri Sprei Pasien Dijarah

50 Orang Meninggal dalam Ledakan Bom Masjid saat Shalat Subuh di Nigeria

50 Orang Meninggal dalam Ledakan Bom Masjid saat Shalat Subuh di Nigeria

Lagi, Mesir Banjiri Terowongan Gaza dengan Air

Lagi, Mesir Banjiri Terowongan Gaza dengan Air

Diplomat Top Israel, Mundur Setelah Menjabat 17 Tahun

Diplomat Top Israel, Mundur Setelah Menjabat 17 Tahun

Baca Juga

Berita Lainnya