Perusahaan China Uji Coba Tahap III Vaksin Covid-19 di Brazil

Perusahaan China Uji Coba Tahap III Vaksin Covid-19 di Brazil

Terkait

Hidayatullah.com—Sinovac Biotech, perusahaan pembuat vaksin asal negeri China, sudah memulai uji coba tahap ketiga untuk vaksin-vaksin potensial Covid-19 di Brazil.

Hal itu diumumkan Sinovac hari Senin (6/7/2020), sehingga menjadikannya satu dari tiga perusahaan yang memasuki tahap terakhir uji coba pengembangan vaksin guna memerangi penyakit baru Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2.

Uji coba tahap III itu dilakukan menyusul izin yang dikeluarkan lewat jalur cepat oleh regulator Brazil pekan lalu, lansir The Guardian.

Sinovac mengatakan studi tersebut, yang akan dilakukan bekerja sama dengan produsen vaksin Brazil, Instituto Butantan, akan merekrut hampir 9.000 pekerja bidang kesehatan yang bertugas di pusat-pusat perawatan Covid-19 dan dan akan dimulai bulan ini.

Vaksin eksperimental Covid-19 buatan AstraZeneca –yang dikembangkan peneliti di University of Oxford– dan vaksin yang dikembangkan oleh China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) merupakan hanya dua perusahaan vaksin lain yang juga sudah memasuki uji coba tahap III atau akhir.

Moderna dikabarkan juga akan memulai percobaan tahap akhirnya bulan ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ada 19 vaksin yang sedang dalam tahap evaluasi uji klinik dan ratusan lain sedang dikembangkan dan diuji coba guna mengatasi pandemi Covid-19.

Sampai saat ini belum ada vaksin yang mendapatkan izin penggunaan komersial. 

Tahun lalu, analisis Massachusetts Institute of Technology mendapati bahwa sekitar satu dari tiga vaksin dalam tahap pertama nantinya akan mendapatkan persetujuan.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !