Covid-19: Amerika Serikat Borong Stok Obat Remdesivir Sedunia

Covid-19: Amerika Serikat Borong Stok Obat Remdesivir Sedunia

Terkait

Hidayatullah.com—Amerika Serikat membeli hampir seluruh stok remdesivir sedunia, satu dari dua obat yang sudah terbukti dapat dipakai untuk mengobati pasien Covid-19.

Obat antivirus itu dipatenkan oleh perusahaan biotek Gilead yang berbasis di Amerika Serikat dan satu-satunya yang sudah mendapatkan izin European Medicines Agency (EMA) untuk mengobati pasien pengidap coronavirus jenis baru penyebab Covid-19. Obat ini sudah mendapatkan izin penggunaan untuk pasien Covid-19 di Amerika Serikat, Jepang dan Uni Eropa.

Pengumuman yang disampaikan oleh US Department of Health and Human Services (HHS) itu berarti otoritas kesehatan negara-negara Eropa kemungkinan tidak akan akan bisa mendapatkan obat tersebut sampai musim gugur.

Otoritas AS memborong stok obat untuk 500.000 paket perawatan dengan obat tersebut sampai bulan September. Jumlah itu mencakup 100 persen proyeksi produksi remdesivir untuk bulan Juli (94.200 paket perawatan), 90 persen produksi bulan Agustus (174.900 paket perawatan), dan 90 persen produksi bulan September (232.800 paket perawatan), kata HHS dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Euronews Rabu (1/7/2020).

Remdesivir diketahui membantu mempercepat masa pemulihan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit –mereka yang paling parah terkena infeksi—dari 15 hari menjadi 11 hari. Efek baik obat itu tidak tampak pada pasien yang mengalami gejala sedang atau ringan.

“Sebisa mungkin kami ingin memastikan pasien Amerika yang memerlukan remdesivir akan mendapatkannya,” kata Alex Azar, sekretaris HHS.

Saat ini Amerika Serikat menjadi negara di dunia yang paling parah terdampak wabah coronavirus, bahkan jauh melampaui China, negara di mana coronavirus penyebab Covid-19 pertama kali diidentifikasi. Sampai hari Selasa kemarin, Amerika Serikat mengkonfirmasi lebih dari 127.000 kematian berkaitan dengan coronavirus dan lebih dari 2,6 juta orang di negeri adidaya itu positif terjangkit penyakit baru tersebut.

Menurut HHS, satu paket perawatan dengan remdesivir rata-rata membutuhkan 6,25 vial dengan harga kisaran $3.200.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !