Dompet Dakwah Media

Dibanding 20 Tahun Silam, Kini Jumlah Jutawan Dunia Berlipat Tiga

Dibanding 20 Tahun Silam, Kini Jumlah Jutawan Dunia Berlipat Tiga

Terkait

Hidayatullah.com—Sekarang ini, jumlah jutawan (millionaire) di dunia tiga kali lebih banyak dibanding 20 tahun silam, demikian menurut laporan hasil studi oleh Boston Consulting Group, yang dirilis hari Kamis (18/6/2020).

Lebih dari 24 juta orang di seantero dunia memiliki kekayaan bernilai $1 juta atau lebih pada akhir 2019, menurut edisi ke-20 Global Wealth Report yang disusun BCG. Bandingkan angka itu dengan 8,9 juta orang yang layak disebut jutawan pada tahun 1999.

Studi itu melihat kekayaan finansial pribadi dalam bentuk uang tunai, deposito, obligasi, ekuitas dan andil dana investasi, asuransi jiwa, pensiun serta aset-aset kecil lain.

Dalam kurun 20 tahun terakhir, total kekayaan finansial perorangan di dunia juga naik hampir berlipat tiga, dari $80 triliun pada 1999 menjadi $226 triliun pada akhir 2019, menurut laporan tersebut. 

Secara kolektif, jutawan di seluruh dunia menguasai 50% kekayaan global pada tahun 2019.

Sementara itu di Jerman, negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa, terdapat 400.000 orang yang layak disebut sebagai jutawan. Jerman menduduki peringkat ke-7 global, dilihat dari banyaknya jumlah jutawan di setiap negara pada tahun 2019. Dalam kurun 20 tahun terakhir jumlah jutawan di Jerman naik dua kali lipat, menurut studi BCG itu, seperti dilansir DW.

Jerman berada di peringkat ketiga, di bawah Amerika Serikat dan China, dilihat dari jumlah orang yang memiliki kekayaan $100 juta atau lebih. Tahun lalu, sebanyak 2.400 orang di Jerman masuk dalam kategori itu.

Kebanyakan jutawan tinggal di Amerika Serikat.

Hasil studi itu mengatakan, di seluruh belahan dunia tampak kenaikan signifikan jumlah orang kaya selama kurun 20 tahun terakhir. 

“Dalam 20 tahun terakhir, kami belum pernah melihat pertumbuhan seragam di seluruh kawasan seperti di tahun 2019,” kata penulis laporan itu Anna Zakrzewski.

Kekayaan perorangan di negara-negara berkembangan –Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa Timur— naik dari sepersepuluh menjadi seperempat dari total kekayaan global selama kurun 20 tahun terakhir, kata laporan itu.

Pada tahun 2019, di China saja terjadi kenaikan 29 kali jumlah orang yang memiliki kekayaan personal bernilai lebih dari $100 juta dibanding pada tahun 1999.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !