Trump Perintahkan Pengurangan Jumlah Pasukan Amerika Serikat di Jerman

Trump Perintahkan Pengurangan Jumlah Pasukan Amerika Serikat di Jerman

Terkait

Hidayatullah.com—Presiden Amerika Serikat Donald Trump menginginkan hampir 10.000 tentara AS yang ditugaskan di Jerman ditarik pulang sebelum September. Langkah itu kabarnya diambil setelah Jerman dinilai tidak cukup menambah anggaran pertahanannya.

Presiden AS Donald Trump hari Jumat (6/6/2020) menyuruh Pentagon untuk mengurangi jumlah tentara yang ditempatkan di Jerman, kata seorang pejabat senior AS kepada Wall Street Journal seperti dilansir DW.

Pejabat AS itu, yang tidak bersedia diungkap identitasnya, mengatakan bahwa keputusan tersebut tidak ada hubungannya dengan ketegangan antara Presiden Trump  dengan Kanselir Angela Merkel, yang menolak rencana Trump untuk menggelar pertemuan G7 akhir bulan ini.

Bulan September 2019, mantan duta besar AS untuk Jerman Richard Grenell menyampaikan ancaman serupa apabila Jerman tidak menaikkan anggaran belanja pertahanannya.

Seorang pejabat AS lain mengatakan bahwa keputusan diambil berdasarkan hasil kerja selama beberapa bulan pejabat tinggi militer AS Jenderal Mark Milley. Dia juga mengatakan tidak ada perlunya tentara AS dikerahkan dalam jumlah besar di Jerman dikarenakan kenaikan belanja pertahanan keseluruhan oleh aliansi militer NATO.

Pejabat tersebut mengatakan rencana penarikan pasukan tersebut sudah digarap sejak September tahun lalu.

Rencananya sebanyak 9.500 personel militer AS akan ditarik pulang atau dipindahkan ke Polandia atau negara-negara sekutu lainnya.

Saat ini AS menempatkan 34.500 tentaranya di Jerman. Langkah penarikan pasukan itu akan mengurangi jumlah tentara AS di Jerman menjadi sekitar 25.000. Kurang lebih 17.000 warga AS dipekerjakan untuk menyokong tugas militer AS di Jerman, lapor kantor berita Reuters.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !