Infeksi Covid-19 Masih Tinggi Rusia Buka Mal, Atur Jadwal Warga Bernapas

Infeksi Covid-19 Masih Tinggi Rusia Buka Mal, Atur Jadwal Warga Bernapas
themoscowtimes.com
Puluhan ribu umat Islam membanjiri daerah sekitar masjid Moskow, berdoa di jalan-jalan dan trotoar

Terkait

Hidayatullah.com—Pusat-pusat perbelanjaan dan taman rekreasi di Moskow dijadwalkan mulai dibuka kembali hari Senin (16/6/2020) seiring dengan pelonggaran aturan lockdown yang diberlakukan di ibu kota Rusia itu, meskipun angka infeksi coronavirus di sana masih menjadi yang tertinggi ketiga di dunia dengan 405.843 kasus.

Relaksasi karantina wilayah di Moskow, pusat wabah di Rusia yang berpenduduk 12 juta jiwa, diambil setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa puncak wabah di negeri itu sudah lewat, lapor AFP seperti dilansir The Guardian.

Sementara warga Moskow senang dapat kembali mengunjungi mal dan taman rekreasi setelah berminggu-minggu terkurung dalam rumah, banyak yang mengejek regulasi yang dibuat oleh Wali Kota Moskow yang bertujuan mengatur waktu orang berjalan-jalan dan berolah raga agar tidak terjadi kerumunan.

Wali Kota Sergei Sobyanin mengatakan selama dua pekan masa percobaan pelonggaran lockdown, warga Moskow akan diperbolehkan berjalan-jalan santai berdasarkan jadwal tertentu berdasarkan alamat kediaman mereka.

Lewat laman blog Sobyanin mengatakan dia khawatir apabila tidak diberikan batasan waktu berjalan-jalan, orang akan tumpah ruah ke jalanan seperti saat peringatan May Day di era Uni Soviet.

Komentator politik Alexander Golts menyebutnya jadwal keluar rumah itu sebagai “kegilaan belaka.” 

Komedian Maxim Galkin, pemilik 8 juta pengikut di Instagram, merilis sketsa yang menggambarkan Putin dan Sobyanin mendiskusikan “jadwal bernapas” bagi warga Moskow. Parodi berdurasi lima menit itu sudah dilihat hampir 6 juta kali selama beberapa hari terakhir.

Ketika aturan dilonggarkan, bisnis binatu dan bengkel reparasi diperbolehkan buka, sementara restoran, kafe dan bioskop saat ini masih tutup.

Otoritas Moskow juga mengatakan setidaknya sampai 14 Juni kerumunan orang banyak masih tidak diperbolehkan di wilayah ibu kota.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !