Seratusan Bayi Sehat Dilahirkan dari Ibu Positif Covid-19 di Satu Rumah Sakit India

Seratusan Bayi Sehat Dilahirkan dari Ibu Positif Covid-19 di Satu Rumah Sakit India
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
[Ilustrasi] Bayi

Terkait

Hidayatullah.com–Lebih dari 100 bayi sehat dilahirkan dari ibu-ibu yang terjangkit coronavirus di sebuah rumah sakit di kota Mumbai, India.

Tiga dari 115 bayi yang dilahirkan dari ibu positif coronavirus di Rumah Sakit Umum Daerah Lokananta Tilak bulan lalu awalnya dites positif Covid-19, tetapi pemeriksaan lanjutan menunjukkan mereka tidak terjangkit, kata para dokter seperti dilansir BBC Rabu (21/5/2020).

Dua ibu hamil lain meninggal dunia di rumah sakit itu, salah satunya wafat sebelum bayi dilahirkan.

Lebih dari setengah bayi yang dilahirkan dari ibu terjangkit coronavirus di rumah sakit itu –yang juga dikenal sebagai RS Sion– dilahirkan lewat C-section, sedangkan sisanya dilahirkan secara alami, kata pejabat terkait. Sebanyak 56 bayi berjenis kelamin laki-laki dan 59 perempuan.

Dua puluh dua dari para ibu terjangkit itu dirujuk dari rumah sakit lain. Tidak jelas di mana kebanyakan dari mereka tertular Covid-19, apakah di rumahnya, di luar rumah atau di bangsal perawatan rumah sakit.

Satu tim terdiri dari 65 dokter dan dua puluhan perawat merawat para ibu di ruangan berkapasitas 40 tempat tidur. Dengan bertambahnya jumlah infeksi pihak RS berencana  menambah 34 tempat tidur untuk wanita hamil positif Covid-19.

Proses kelahiran di enam meja operasi tiga ruang bedah di mana para dokter, perawat dan petugas anastesi mengenakan pakaian dan perlengkapan pelindung.

“Kami beruntung kebanyakan wanita yang dites positif itu tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sebagian dari mereka mengalami demam dan kesulitan bernapas. Kami sudah merawat dan memulangkan mereka ke rumah usai persalinan,” kata Dr Arun Nayak, kepala bagian ginekologi di rumah sakit itu.

“Banyak ibu yang resah. mereka terus mengatakan kepada kami mereka mungkin akan mati, tetapi kami harus memastikan si anak sehat.”

Usai melahirkan, para ibu tetap dirawat di ruangan khusus pasien Covid-19 selama sepekan dan diberi obat hydroxychloroquine. Setelah itu mereka dikarantina selama 10 hari di tempat lain. Para bayi tidak diisolasi dan disusui ASI oleh ibunya yang mengenakan masker.

Di rumah sakit di Mumbai itu, jumlah bayi yang dilahirkan dari ibu positif Covid-19 sedikit di atas 20% dari total bayi yang dilahirkan pada periode yang sama.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !