Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Aktivis Pro-Palestina Menangkan Gugatan Melawan Inggris di Mahkamah Agung

RT.com
Aksi protes gerakan BDS terhadap SodaStream di luar toko John Lewis di Inggris
Bagikan:

Hidayatullah.com-Mahkamah Agung Inggris memutuskan bahwa skema pensiun lokal dapat melepaskan diri atau melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pendudukan militer Israel. Hal ini dilihat para aktivis pro-Palestina sebagai perkembangan besar dalam melawan upaya pemerintah Inggris untuk mengkriminalkan dukungan terhadap gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS).

Di pengadilan skema pensiun atau PCS menantang pedoman tahun 2016 pemerintah Inggris yang melarang dana pensiun publik melakukan kebijakan yang dianggap bertentangan kebijakan luar negeri atau pertahanan Inggris. Ini berarti dana tersebut tidak dapat melepaskan diri atau memboikot perusahaan yang terlibat dalam penjajahan Israel dan pengembangan pemukiman ilegal di Jerusalem Timur, Tepi Barat dan Daratan Tinggi Golan Suriah, atau blokade terhadap Jalur Gaza.

BDS adalah topik yang sangat sensitif bagi Zionis Israel, yang memiliki hubungan dekat dengan rekan Konservatif Inggrisnya. Keputusan Mahkamah Agung itu juga memberikan hak untuk keluar dari investasi di industri pertahanan Inggris.

Sejak 2017, PSC telah menggugat pemerintah di pengadilan dengan dukungan Quakers, Campaign Against Arms Trade dan War on Want. Gugatan tersebut menang di Pengadilan Tinggi dan kalah di Pengadilan Banding – minggu ini menang di putusan final Mahkamah Agung. PSC menggugat pedoman 2016 yang memberlakukan larangan terhadap “divestasi etika pensiun”, yang melanggar hukum.

Putusan Mahkamah Agung memberikan dana Skema Pensiun Pemerintah Lokal (LGPS) hak untuk memutuskan bagaimana dan di mana uang tersebut akan diinvestasikan lapor Middle East Eye.

Skema pensiun ini adalah salah satu yang terbesar di Inggris. Pada Maret 2019, skema ini melayani 5,9 pekerja sektor-publik di Inggris dan Wales, dan memiliki dana yang bernilai pasar sangat besar, diperkirakan  287,2 miliar Euro. Skema ini, di mana karyawan membayar bulanan hingga pensiun, dikelola di 99 dana pensiun regional di negara tersebut.

Kemenangan bersejarah

Menanggapi putusan MA tersebut, ketua Kampanye Solidaritas Palestina Kamel Hawwash mengatakan: “Kemenangan bersejarah ini merupakan kemenangan besar yang tidak hanya bagi kampanye untuk hak-hak Palestina, namun bagi prinsip-prinsip dasar demokrasi, kebebasan berekspresi dan keadilan.”

“Pada saat Israel terus meningkatkan penindasan terhadap rakyat Palestina dan tindakan ilegalnya … pemerintah harus bertindak untuk menegakkan hukum internasional dan membela hak asasi manusia, tidak menyerang kampanye damai yang berupaya melakukan hal itu,” tambahnya.

Pengacara PSC, Jamie Potter, mengatakan: “Anggota LGPS sekarang memiliki kebebasan untuk mengejar prinsip mereka sendiri sehubungan dengan peran perdagangan senjata dan negara-negara asing dalam pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia, ketika menentukan bagaimana uang pensiun mereka diinvestasikan. ”

Pada bulan Desember, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berencana untuk memperkenalkan undang-undang baru yang melarang badan publik Inggris untuk bekerja dengan mereka yang terlibat dalam kampanye BDS. Boris telah menjadi penentang keras BDS sejak lama, mengatakan pada BBC pada tahun 2015 bahwa ia “tidak bisa memikirkan hal yang lebih bodoh” daripada memboikot Israel.

Gerakan BDS menanggapi seruan Palestina untuk melepaskan dan memboikot Israel dalam upaya menekan negara untuk mengakhiri pendudukan militer 53 tahun dan melindungi hak-hak Palestina. PSC mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Selama beberapa tahun, Israel dan sekutunya telah terlibat dalam pertempuran untuk mendelegitimasi aktivisme untuk hak-hak Palestina … Upaya pemerintah Inggris untuk memperkenalkan peraturan-peraturan ini harus dipahami dalam konteks itu.” *

Rep: Nashirul Haq
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Koptik Mesir Mulai Kecewa dengan Pemerintah Sementara Mesir

Koptik Mesir Mulai Kecewa dengan Pemerintah Sementara Mesir

George Bush: Imigran Penting Bagi Perekonomian Amerika

George Bush: Imigran Penting Bagi Perekonomian Amerika

Salafy Mauritania Berupaya Bentuk Parpol

Salafy Mauritania Berupaya Bentuk Parpol

Banyak Perempuan Myanmar Jadi Sasaran Pemerkosaan Tentara

Banyak Perempuan Myanmar Jadi Sasaran Pemerkosaan Tentara

Trump Sebut Pakistan Berbohong, Pakistan Panggil Dubes AS

Trump Sebut Pakistan Berbohong, Pakistan Panggil Dubes AS

Baca Juga

Berita Lainnya