Dompet Dakwah Media

Kemenkes Kenya Pakai Jutaan Dana Covid-19 untuk Beli Teh, Camilan dan Pulsa Staf

Koran-koran di Kenya hari Kamis menjadikan masalah itu sebagai kepala berita utamanya guna mengecam penyalahgunaan dana tersebut

Kemenkes Kenya Pakai Jutaan Dana Covid-19 untuk Beli Teh, Camilan dan Pulsa Staf
Menteri Kesehatan Kenya, Mutahi Kagwe (PML Daily)

Terkait

Hidayatullah.com—Warganet di Kenya geram setelah mengetahui Kementerian Kesehatan Mutahi Kagwe  menghabiskan dana penanggulangan wabah Covid-19 dalam jumlah besar hanya untuk membeli teh, camilan atau makanan ringan dan pulsa ponsel bagi para stafnya.

Sekitar 4 juta shilling Kenya (37.000 AS dolar) dibelanjakan untuk teh dan camilan, sementara 2 juta shilling dipakai untuk membeli pulsa ponsel staf, menurut anggaran Kementerian Kesehatan yang diungkap ke publik, lansir BBC Kamis (30/4/2020).

Itu merupakan bagian dari anggaran 10 juta shilling untuk pembelian teh dan camilan selama perode yang tidak disebutkan dan 6 juta shilling untuk pembelian pulsastaf selama 3 bulan.

Dana sisanya antara lain dipakai untuk membayar cicilan mobil ambulan, pembelian alat tulis kantor dan bahan bakar. Uang itu bagian dari 9,3 juta AS dolar donasi Bank Dunia untuk Kenya sebagai dana darurat penanggulangan wabah pandemi Covid-19.

Koran-koran di Kenya hari Kamis menjadikan masalah itu sebagai kepala berita utamanya guna mengecam penyalahgunaan dana tersebut. Sementara warganet melimpahkan kemarahan mereka di media sosial. Mereka semakin geram karena dana itu disalahgunakan sementara banyak orang miskin di Kenya yang tidak makan dan tenaga medis kekurangan APD.

“Bagaimana bisa kalian menghabiskan uang jutaan untuk membeli teh dan camilan sementara rakyat bahkan tidak memiliki masker penutup wajah,” protes warganet bernama Walter Nyauma lewat Twitter, yang menyebut tindakan itu sombong bukan kepalang dan bodoh tak dapat diajar.

“Suatu kementerian mengalokasikan untuk dirinya sendiri dana 4 juta hanya untuk membeli teh dan camilan untuk satu bulan, sementara seorang wanita di sebuah kawasan wisata di Mombasa merebus batu hanya untuk meyakinkan anak-anaknya bahwa dia sedang memasak makanan,” ujar warganet bernama Denzin lewat Twitter.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !