Dompet Dakwah Media

PM Rusia Mishustin Terjangkit Covid-19

PM Rusia Mishustin Terjangkit Covid-19

Terkait

Hidayatullah.com—Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin dibawa ke rumah sakit setelah dinyatakan positif terjangkit coronavirus penyebab Covid-19.

Hasil tes positifnya keluar pada hari yang ketika Rusia mencatat 7.099 kasus infeksi Covid-19, sehingga total catatan penularan di negara itu menjadi lebih dari 100.000.

Mishustin ditunjuk menjadi perdana menteri pada bulan Januari dan sejak itu terlibat aktif dalam penanggulangan wabah coronavirus di Rusia.

Dilansir BBC Kamis (1/5/2020), stasiun televisi Rusia menayangkan gambar Mishustin sedang memberitahu Presiden Vladimir Putin tentang diagnosisnya.

“Saya baru saja mengetahui jika tes coronavirus yang saya jalani hasilnya positif,” kata Mishustin dalam video call dengan Putin.
Dia mengusulkan agar Deputi Pertama PM Rusia Andrei Belousov mengambil alih posisi dan Presiden Putin menyetujuinya. Selanjutnya Mishustin menjalani isolasi mandiri.

“Apa yang terjadi pada Anda juga bisa terjadi pada orang lain,” kata Putin kepada PM Rusia itu.

“Anda orang yang sangat aktif. Saya ingin menyampaikan terima kasih atas kerja yang telah Anda lakukan sejauh ini,” imbuh pemimpin Rusia itu.

Meskipun terjadi lonjakan tajam kasus infeksi, markas penanggulangan Covid-19 yang berbasis di Moskow mengatakan bahwa di Rusia saat ini sudah 1,073 orang meninggal dunia. Angka itu relatif kecil untuk negara sebesar Rusia.

Jubir Kepresidenan Dmitry Peskov mengatakan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi wabah ini berhasil menghindarkan Rusia dari mengalami “skenario seperti Italia”.

Namun, pekan ini Presiden Putin memperingatkan bahwa Rusia tidak memiliki persediaan APD yang cukup dan tenaga medis di sejumlah daerah mengeluhkan kurangnya alat perlindungan diri bagi mereka dalam menjalankan tugas.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !