Dompet Dakwah Media

China Menolak Penyelidikan Asal Coronavirus Penyebab Covid-19

China Menolak Penyelidikan Asal Coronavirus Penyebab Covid-19

Terkait

Hidayatullah.com—China menolak seruan investigasi independen internasional guna mencari asal mula penularan coronavirus jenis baru penyebab Covid-19.

Seorang diplomat tinggi China di Inggris, Chen Wen, mengatakan kepada BBC bahwa tuntutan itu bermotif politik dan akan mengalihkan China dari fokus memerangi wabah.

Informasi tentang asal mula Covid-19 dan bagaimana penyakit itu mulai menular dapat membantu negara-negara menghadapi wabah tersebut.

Virus itu diduga muncul di pasar basah di kota Wuhan akhir tahun lalu. Pasar itu merupakan tempat penjualan segala macam bahan pangan dari laut, tetapi juga menjual beragam jenis hewan liar yang dapat disembelih di tempat.

Hampir dari sejak awal wabah merebak, muncul seruan internasional agar para pakar diperbolehkan masuk ke China guna mencari tahu bagaimana bibit penyakit itu muncul dan menular ke manusia.

Hari Kamis, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan dia akan mendorong dilakukannya investigasi dalam pertemuan rutin tahunan World Health Assembly, otoritas pembuat keputusan di dalam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Australia menduduki kursi eksekutif dalam dewan tersebut.

Akan tetapi Chen Wen kepada BBC Jumat (24/4/2020) mengatakan negaranya tidak dapat menyetujui investigasi internasional apapun karena, “Penyelidikan itu bermotif politik.”

Diplomat wanita itu juga mengatakan bahwa rumor yang merebak seputar Covid-19 sama berbahayanya dengan virus itu sendiri, atau bahkan lebih berbahaya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !