Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Rapper ISIS Lyricist Jinn Ditangkap di Spanyol

MEMO
ISIS
Bagikan:

Hidayatullah.com—Seorang penyanyi rap asal London yang bepergian ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok bersenjata ISIS alias IS alias Daesh telah ditangkap di Spanyol.

Abdel-Majed Abdel Bary, 28, yang memiliki nama panggung Lyricist Jinn, pergi ke Timur Tengah pada tahun 2013.

Kepolisian Nasional Spanyol hari Selasa (21/4/2020) mengunggah ke Twitter rekaman operasi penangkapannya, menyebut Abdel Bary sebagai “salah satu anggota teroris asing Daesh yang paling dicari di Eropa.”

Dia ditangkap bersama dua pria lain yang ditemukan di sebuah apartemen sewaan di Almeria, kata pihak kepolisian seperti dilansir BBC.

Ketiga laki-laki itu menyesuaikan diri dengan kondisi lockdown Covid-19 yang diberlakukan di Spanyol, setelah memasuki wilayah negara itu secara ilegal, kata pihak kepolisian. Mereka jarang keluar rumah dan kalaupun pergi mereka menggunakan masker penutup wajah.

Pada tahun 214, ayah Abdel Bary menyatakan bersalah di pengadilan di Amerika serikat dalam dakwaan konspirasi pembunuhan serangan Al-Qaeda 1998 atas Kedutaan AS di Kenya dan Tanzania. Serangan itu dikabarkan menewaskan 213 orang.

Dalam pernyataan hari Selasa, Kepolisian Nasional Spanyol mengatakan bahwa Abdel Bary menghabiskan beberapa tahun di zona konflik di Suriah dan Iraq.

Dua pria lain yang ditangkap bersamanya belum diidentifikasi, kata polisi.

The Guardian melaporkan bahwa pemuda warga Maida Vale, London, itu berkewarganegaraan ganda Mesir dan Inggris. Namun, status WN Inggris itu kemudian dicabut karena Abdel Bary bergabung dengan kelompok teroris.

Dia sempat menghilang selama beberapa tahun, sehingga muncul spekulasi dirinya telah terbunuh sementara ISIS kejayaannya mulai redup akhir 2015.

Kepolisian Turki, yang diminta otoritas Inggris agar melacak Abdel Bary mengatakan kehilangan jejaknya pada akhir 2015. Ada kecurigaan pemuda itu memanfaatkan rute migran dan menyelundupkan diri ke Eropa lewat Yunani.

Abdel Bary diduga memiliki seorang kekasih di Spanyol, yang dikenalnya lewat internet pada tahun 2017. Ketika itu dia diduga muncul kembali di jagat maya dengan menggunakan banyak nama samaran.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Anggota NATO Belum Sepakat Zona Larangan Terbang Libya

Anggota NATO Belum Sepakat Zona Larangan Terbang Libya

Penyelidikan Turki, Jurnalis Saudi Terbunuh di Kantor Konsulat Saudi di Istanbul

Penyelidikan Turki, Jurnalis Saudi Terbunuh di Kantor Konsulat Saudi di Istanbul

Daripada Nganggur Pria Inggris Kerja sebagai Sekretaris

Daripada Nganggur Pria Inggris Kerja sebagai Sekretaris

Bela Duterte, Jubir Presiden Filipina sebut “Ejekan ‘Tuhan bodoh’  Opini Pribadi

Bela Duterte, Jubir Presiden Filipina sebut “Ejekan ‘Tuhan bodoh’ Opini Pribadi

Penyiksaan Seksual Tawanan Iraq Sulut Kemarahan

Penyiksaan Seksual Tawanan Iraq Sulut Kemarahan

Baca Juga

Berita Lainnya