Pasien Coronavirus di Los Angeles Dirawat di Parkiran Karavan

Pasien Coronavirus di Los Angeles Dirawat di Parkiran Karavan
Mobil-mobil karavan di Los Angeles.

Terkait

Hidayatullah.com—Sebuah lokasi parkir untuk kendaraan-kendaraan karavan di dekat salah satu pantai di Los Angeles, California, Amerika Serikat, telah diubah menjadi zona isolasi untuk pien Covid-19.

Sekitar 10 karavan berwarna putih dijajar rapi di lapangan parkir Dockweiler RV Park dengan penjaga bermasker mengawal tempat itu sementara petugas medis berseragam APD (alat pelindung diri, hazmat suit) keluar-masuk karavan yang ada di sana.

Lapangan parkir itu –yang biasa dipakai pelancong memarkir rumah bergeraknya ketika berwisata di pantai– merupakan salah satu dari 5 tempat, termasuk kamar losmen dan hotel, yang diubah menjadi ruangan isolasi pasien terutama dari kalangan tunawisma yang jumlahnya mencapai puluhan ribu di kota itu.

Per Senin pagi (30/3/2020) ada 21 orang yang dirawat di dalam karavan di tempat parkir itu.

“Kami membutuhkan tempat di mana orang dapat diisolasi secara aman dari publik dan bahkan dari keluarga mereka,” kata County Supervisor Janice Hahn dalam sebuah pernyataan seperti dikutip AFP.

“Kami menggunakan Dockweiler RV Park untuk tujuan tesebut dan kami terus berusaha mencari lebih banyak tempat seperti itu lagi untuk dijadikan rumah karantina dan isolasi di seluruh penjuru wilayah ini.”

Di Los Angeles County saja tercatat 2.505 kasus Covid-19 dengan 44 kematian. Los Angeles merupakan wilayah county (kira-kira selevel wilayah kabupaten) di Amerika Serikat yang terpadat penduduknya. Berdasarkan catatan Johns Hopkins University jumlah orang yang mendiami wilayah Los Angeles saat ini sekitar 10 juta.

Di California secara keseluruhan terdapat lebih dari 7.500 infeksi coronavirus dengan 150 kematian, menjadikannya salah satu wilayah negara bagian di Amerika Serikat yang paling parah.

Dua pekan lalu, Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan anggaran $50 juta untuk pembelian karavan dan menyewa tempat yang dipergunakan untuk mengisolasi kaum tunawisma di wilayahnya.

Menurut RV Industry Association, California membeli 1.300 karavan untuk proyek tersebut.

Asosiasi itu berencana mendonasikan 20 karavan dan menjual 100 lainnya dengan hrga diskon dalam rangka mendukung kebijakan itu, kata RVIA dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Wakil Presiden AS Mike Pence, yang ditunjuk sebagai ketua gugus tugas penanggulangan wabah Covid-19 di negara kaya itu.

Kendaraan karavan, yang juga disebut sebagai rumah bergerak, pernah juga dipergunakan sebagai tempat penampungan warga dalam bencana lain, termasuk Badai Katrina tahun 2005.

California sudah menjajaki kemungkinan penggunaan karavan sebagai rumah isolasi bagi kaum tunawisma sebelum wabah Covid-19 meluas di negara bagian yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar di Amerika Serikat itu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !