Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

PM Trudeau Tutup Perbatasan Kanada, Imbau Warga Tinggal di Rumah

Pintu perbatasan darat Kanada-Amerika Serikat.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kanada menutup pintu-pintu perbatasannya bagi warga asing, kecuali warga negara AS, dan mendesak warganya agar tinggal di rumah dan mengurangi bepergian.

“Selama beberapa terakhir kita melihat Covid-19 menyebar ke sleuruh dunia dengan lebih cepat. Kanada tidak terkecuali,”kata Trudeau,berbicara dari halaman rumahnya di mana dia mengisolasi diri, setelah istrinya Sophie Gregoire Trudeau dites positif coronavirus pekan lalu.

“Kami pastikan bahwa situasinya terus berubah, dan respon kita juga akan berubah juga sebab virus terus menyebar. Kami memutuskan untuk mengambil langkah lebih agresif guna mennyelamatkan Anda dan keluarga,” kata Trudeau seperti dilansir The Guardian Senin (16/3/2020).

“Semua rakyat Kanada sebisa mungkin diimbau untuk tinggal di rumah,” ujarnya.

Trudeau mengatakan perbatasa akan tetap dibuka untuk pelayaran, tetapi pemerintah akan membatasi penerbangan menuju bandara-bandara di empat kota utama Kanada, yaitu Toronto-Pearson, Montreal-Trudeau, bandarainternasional Vancouver dan bandara internasional Calgary.

Kanada sejauh ini telah mengkonfirmasi 377 kasus coronavirus, dua kali lebih banyak dibanding jumlah pada hari Jumat.

Hari Senin pagi, Provinsi Ontario mengumumkan 17 lokasi tes dan menyiapkan dana C$10 juta untuk kampanye kepedulian publik. serta legislasi darurat yang akan melarang perusahaan memecat pekerjanya yang mengkarantina diri. Di provinsi itu tedapat 177 kasus infeksi coronavirus, yang terbanyak di Kanada.

Sementara itu Provinsi Alberta mulai akhir pekan kemarin memutuskan menutup semua sekolah negeri,mengikuti jejak sejumlah provinsi lain yang juga meliburkan siswanya. Penutupan kemungkinan bisa diperpanjang sampai akhir tahun ajaran.

“Pandemi ini tidak akan hilang dalam hiungan pekan, dan tidak jelas peluang kapan sekolah akan dibuka kembali, sepertinya paling cepat bulan September,” kata Deena Hinshaw, kepala urusan kesehatan publik Provinsi Alberta.

Beberapa provinsi lain mengambil langkah lebih agresif. Quebec, misalnya, memerintahkan agar semua bar, klub dan gym ditutup. Warga diminta mengurangi aktivitas di luar dan menjaga jarak apabila melakukan interaksi sosial.

Meskipun setiap daerah mengambil langkah berbeda dalam menanggapi wabah Covid-19, Trudeau mendesak agar persatuan dikedepankan.

“Kekuatan negara kita terletak pada kemampuan kita untuk bersatu dan saling menjaga satu sama lain, terutama di masa sulit. Oleh karena itu, kontaklah teman-teman Anda, hubungilah sanak keluarga Anda. Pikirkan masyarakat kita,” imbau Perdana Menteri Kanada itu.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Sayyed Dikeluarkan dari Al-Azhar Setelah Menjadi Sally

Sayyed Dikeluarkan dari Al-Azhar Setelah Menjadi Sally

Jenderal Akin Ozturk Bantah Dalangi Kudeta, PM Turki  Peringatkan Rakyatnya Tak Balas Dendam

Jenderal Akin Ozturk Bantah Dalangi Kudeta, PM Turki Peringatkan Rakyatnya Tak Balas Dendam

Remaja Pelajar Pro-Mursy Dibebaskan dari Tahanan

Remaja Pelajar Pro-Mursy Dibebaskan dari Tahanan

Adik Mantan Presiden Bouteflika Dibui 15 Tahun

Adik Mantan Presiden Bouteflika Dibui 15 Tahun

Pusat Perawatan Orang Buta Jadi SasaranSerangan Udara Koalisi Saudi

Pusat Perawatan Orang Buta Jadi SasaranSerangan Udara Koalisi Saudi

Baca Juga

Berita Lainnya