Ritual di Kuil Todaiji Tahun Ini Berdoa Wabah Coronavirus Berakhir

Ritual di Kuil Todaiji Tahun Ini Berdoa Wabah Coronavirus Berakhir
Patung Buddha di kuil Todaiji, Nara, Jepang.

Terkait

Hidayatullah.com–Sebelas biksu berdoa memohon agar wabah coronavirus segera berakhir selama ritual yang dimulai tanggal 1 Maret di aula Nigatsudo kuil Todaiji di Nara, Jepang.

Biksu-biksu Rengyoshu berdoa enam kali sehari selama ritual yang dinamai “hongyo” untuk membersihkan dunia dari berbagai dosa dalam seremoni Shunie atau Omizoturi.

Shunie (Omizoturi) digelar setiap tahun dari tanggal 1 sampai 14 Maret di kuil Todaiji. Rangkaian ritual permohonan ampun oleh para biksu Buddhis itu sudah digelar sejak 1.250 tahun silam, menjadikannya sebagai salah satu acara rutin keagamaan kaum Buddhis yang tertua di Jepang.

Para biksu juga akan berdoa memohon panen melimpah dan perdamaian dunia.

Tahun ini, banyak pengunjung kuil yang mengikuti prosesi penyalaan obor mengenakan masker guna mencegah penularan coronavirus, lapor Asahi Shimbun Senin (2/3/2020).

Lewat pengeras suara, pengelola kuil menyampaikan imbauan agar pengunjung mengenakan masker dan segera pulang ke rumah apabila merasa kurang enak badan.

Prosesi penyalaan obor akan digelar setiap malam sampai 14 Maret. Ritual doa akan berakhir pada pagi dini hari tanggal 15 Maret.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !