Film Tentang Eksekusi Mati di Iran Menang Berlin International Film Festival

Film Tentang Eksekusi Mati di Iran Menang Berlin International Film Festival

Terkait

Hidayatullah.com—Film garapan seorang sutradara Iran tentang pelaksanaan hukuman mati di ibu kota Teheran telah memenangkan penghargaan di Berlin International Film Festival.

Mohammad Rasoulof dilarang menyutradai film itu pada 2017 dan memproduksi film keenamnya “There Is No Evil” secara sembunyi-sembunyi.

Dia tidak dapat berpergian keluar Iran dikarenakan dakwaan-dakwaan berkaitan dengan film-film terdahulunya. Putrinya, Baran, yang juga membintangi film tersebut, menerima piala Golden Bear atas namanya, lapor BBC Sabtu (29/2/2020).

Ketua juri aktor Inggris Jeremy Irons mengatakan bahwa film tersebut mencerikan empat kisah tentang pelaksanaan hukuman mati, “menunjukkan jalinan jaring sebuah rezim otoriter di kalangan orang-orang awam, menyeret mereka ke dalam kebiadaban.”

Memberikan keterangan di sebuah konferensi pers lewat video call, Rasoulof menjelaskan bahwa film “There Is no Evil” adalah tentang tanggung jawab rakyat.

“Saya ingin bicara soal rakyat yang menyorong tanggung jawab menjauh dari diri mereka dan mengatakan bahwa keputusan diambil oleh kekuasaan yang lebih tinggi….Namun, sebenarnya mereka dapat mengatakan tidak dan itulah kekuatan mereka,” kata Rasoulof.

“Kisah dari setiap bagian cerita itu berdasarkan pada pengalaman saya sendiri,” kata Rasoulof dalam wawancara lewat Skype dengan penyelenggara festival film itu sehari sebelum pemenang penghargaannya diumumkan.

Dia menjelaskan bahwa inspirasi salah satu dari empat episode film itu muncul setelah dia melihat seorang pria keluar dari sebuah bank, yang mana orang itu adalah petugas yang pernah menginterogasinya saat di dalam penjara.

Setelah saya membuntuti orang itu selama beberapa saat, “Saya menyadari betapa normalnya dia dan betapa di kelihatan sama seperti orang kebanyakan lainnya. Saya menyadari bahwa tidak ada monster yang terlibat, tidak ada iblis di hadapan saya, hanya seseorang yang tidak mempertanyakan tindakannya sendiri.”

Menurut kelompok-kelompok HAM iinternasional, ratusan orang setiap tahun dieksekusi di Iran.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !