Dompet Dakwah Media

Coronavirus, Vietnam Karantina Area Berpenduduk 10.000 Jiwa

Coronavirus, Vietnam Karantina Area Berpenduduk 10.000 Jiwa

Terkait

Hidayatullah.com— lebih dari 10.000 orang di desa-desa dekat ibu kota Vietnam ditempatkan dalam status karantina, hari Kamis (13/2/2020), setelah 6 kasus coronavirus ditemukan di sana, kata pihak berwenang.

Daerah pertanian Son Loi, sekitar 40 km dari Hanoi, akan ditutup selama 20 hari, kata Kementerian Kesehatan seperti dikutip AFP.

Pos-pos pemeriksaan telah didirikan di sekitar 6 desa yang termasuk dalam jam wilayah Son Loi, kata seorang anggota tim AFP, yang berada di pinggiran area itu di distrik Binh Xuyen.

Petugas-petugas kesehatan menggunakan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan ke kendaraan-kendaraan yang melintas. Polisi memperingatkan orang-orang yang ingin masuk ke wilayah karantina bahwa mereka diperbolehkan masuk ke sana, tetapi tidak bisa keluar lagi.

Perintah itu datang setelah Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa 5 orang telah terinfeksi coronavirus, yang disebutkan kemudian ada 6 kasus.

Semua kasus penularan itu berasal dari seorang pekerja wanita yang dikirim ke Wuhan, di mana virus berasal, untuk mengikuti pelatihan kerja.

Penyakit itu kemudian menyebar ke anggota keluarganya, lalu ke tetangganya, termasuk seorang bayi berusia 3 bulan.

Sejauh ini hanya pekerja wanita itu yang sudah pulih dan telah dipulangkan dari rumah sakit, menurut kabar terbaru dari Kementerian, sementara pasien-pasien lainnya masih dalam kondisi “stabil”.

Daerah Son Loi mencakup area sekitar 1.000 hektar yang terdiri dari lahan pertanian. Kebanyakan dari 10.600 orang penduduknya juga bekerja di pabrik-pabrik di sekitarnya sebagai buruh musiman.

Pihak berwenang di Son Loi mulai membagikan masker setelah liburan tahun baru Tet berakhir pada 30 Januari. Sejak itu anak-anak dan manula diminta tetap berada di rumah-rumah mereka.

Vietnam, yang perbatasannya dengan Cina tidak terlalu ketat, mengkonfirmasi telah terjadi 16 kasus coronavirus, termasuk di Son Loi.

Pemerintahan melarang semua penerbangan dari dan ke China daratan guna menghentikan penyebaran virus.

Pemerintah juga menghentikan sementara visa turis baru untuk warga negara China atau orang-orang asing yang pernah bepergian ke Cina dua pekan terakhir.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !