Penghargaan HAM Amnesty International Jerman Diberikan kepada Iuventa10

Penghargaan HAM Amnesty International Jerman Diberikan kepada Iuventa10
Kapal Iuventa penyelamat orang yang terombang-ambing di Laut Mediterania.

Terkait

Hidayatullah.com–Amnesty International cabang Jerman memberikan penghargaan hak-hak asasi manusia kepada anggota tim penyelamatan di laut “Iuventa10”. Hal itu diumumkan AI di kantor cabangnya di Berlin hari Selasa (11/2/2020).

AI cabang Jerman setiap dua tahun sekali memberikan penghargaan tersebut disertai hadiah uang €10.000 kepada individu atau organisasi yang dianggap kukuh membela hak-hak asasi manusia bagaimana pun sulit keadaannya.

Kapal penyelamat Iuventa, yang dioperasikan oleh organisasi penyelamatan Jerman Jugend Rettet (Anak Muda Selamat), berlayar di Laut Tengah (Laut Mediterania) dari Juli 2016 sampai Agustus 2017. Tim penyelamat berhasil menolong lebih dari 14.000 orang sehingga mereka tidak tenggelam kurun periode itu, kata AI dalam laporannya seperti dilansir DW.

Pengadilan di Italia mendakwa mereka “membantu dan mendorong imigrasi ilegal.”

Amnesty menyebut tuduhan itu sangat lemah tidak berdasar. Menurut organisasi itu, Iuventa10 merupakan contoh bagaimana orang-orang yang membantu justru dikriminalkan karena tidak menelantarkan mereka yang butuh pertolongan ketika mereka sangat membutuhkan pertolongan.

Seremoni penyerahan penghargaan akan dilakukan di Berlin pada 22 April.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !