Spanyol Ringkus Geng Kriminal Penyelundup Sampah Kardus ke Asia

Spanyol Ringkus Geng Kriminal Penyelundup Sampah Kardus ke Asia
Sampah kertas dan kardus.

Terkait

Hidayatullah.com—Geng kriminal yang menyelundupkan berton-ton sampah kardus dari Madrid ke negara-negara Asia berhasil dilumpuhkan, kata Kepolisian Spanyol.

Lebih dari 40 tersangka anggota geng ditangkap dengan tuduhan pelanggaran lingkungan dan pencucian uang.

Geng itu dituding telah menyelundupkan lebih dari 67.000 ton sampah kardus bernilai €10 juta. Kebanyak sampah itu mereka curi dari tempat-tempat sampah daur ulang milik pemerintah daerah.

Sebuah perusahaan manajemen limbah yang berbasis di Madrid mengorganisir pengumpulan sampah kertas dan kardus sejak 2015, kata kepolisian seperti dilansir BBC Jumat (7/2/2020).

Kelompok kriminal itu diperkirakan telah merugikan Dewan Kota Madrid sekitar €16 juta dari hilangnya limbah yang dapat didaur ulang.

Kertas dan kardus yang dikumpulkan di pengepul dijual ke pabrik-pabrik pengolahan sampah, yang kemudian diubah menjadi bahan mentah lagi untuk pembuatan produk lain.

Kertas dan kardus yang dicuri gerombolan kriminal itu dicampur dengan sampah yang dikumpulkan secara ilegal sebelum dikapalkan ke negara-negara di Asia, utamanya ke China, India, Indonesia dan Korea Selatan.

Gambar-gambar yang dirilis polisi menunjukkan seorang tersangka kakinya menggantung keluar di tong sampah daur ulang milik pemerintah kota saat dia sedang berusaha mencuri sampah kertas dan kardus di dalamnya.

Sebuah sumber kepolisian mengatakan kepada koran El Pais bahwa anggota geng tersebut terkadang keluar dua kali dalam sehari untuk mencuri sampah di daerah-daerah “yang paling basah”.

Dari 42 orang yang ditangkap, tiga merupakan warga negara Spanyol dan sisanya kebanyakan berasal dari Rumania.

Sebelas truk yang dipakai dalam pencurian sampah itu juga disita dalam penggerebekan polisi yang dinamai Operation Hartie. Dalam bahasa Rumania hartie artinya kertas.

Operasi yang dipimpin oleh Garda Sipil Spanyol (Guardia Civil), didukung oleh lembaga kepolisian Uni Eropa Europol.

Organisasi-organisasi kriminal sejak lama dikaitkan dengan bisnis pembuangan sampah di beberapa negara Eropa, terutama Italia.

Sebuah laporan tahun 2015 yang disusun Uni Eropa menyebutkan organisasi kriminal di Italia “memainkan peran signifikan dalam bisnis pengelolaan sampah, terutama di daerah pembuangan dan perdagangan ilegal sampah-sampah berbahaya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !