Pemilik DC Solar yang Bikin Warren Buffett Rugi Mengaku Praktikkan Skema Ponzi

Pemilik DC Solar yang Bikin Warren Buffett Rugi Mengaku Praktikkan Skema Ponzi

Terkait

Hidayatullah.com—Pasangan suami-istri pemilik DC Solar, sebuah perusahaan solar berbasis di California yang membuat perusahaan Warren Buffett merugi $377 juta tahun lalu, mengaku bersalah terlibat skema Ponzi bernilai sekitar $912 juta.

Jeff Carpoff, 49, mengaku bersalah melakukan pencucian uang dan berkonspirasi melakukan penipuan kawat (penipuan yang dilakukan dengan bantuan teknologi komunikasi dan informasi). Sementara istrinya Paulette Carpoff, 46, mengaku bersalah melakukan pencucian uang dan konspirasi untuk melakukan kejahatan terhadap negara Amerika Serikat.

Mereka mengajukan pernyataan bersalah tersebut hari Jumat (24/1/2020) di pengadilan federal di Sacramento, California. Jeff Carpoff menghadapi tuntutan hukuman penjara 30 tahun dan Paulette Carpoff 15 tahun penjara dalam persidangan bulan Mei 2019.

Jaksa penuntut mengatakan kejahatan keuangan yang dilakukan pasangan suami-istri itu merupakan yang terbesar yang pernah terjadi di wilayah Eastern District of California, yang mencakup Sacramento di dalamnya, lapor Reuters.

Jaksa mengatakan dari tahun 2011 sampai 2018, DC Solar memasukkan transaksi $2,5 miliar untuk menjual generator sel surya sebagai sumber listrik darurat bagi menara telepon seluler dan lampu penerangan di acara olahraga, yang menarik minat banyak investor.

Akan tetapi, menurut jaksa penuntut, sekitar setengah dari 17.000 generator yang dijanjikan tidak ada wujudnya, dan Benicia –sebuah perusahaan berbasis di California– menggunakan financial statements dan kontrak sewa palsu untuk menutup-nutupi penipuan itu.

Pihak berwenang mengatakan suami-istri Carpoff menggunakan uang yang mereka selewengkan untuk membiayai gaya hidup mewah seperti puluhan properti dan rumah-rumah liburan dan membeli sedikitnya 150 mobil, untuk sponsorship Nascar, membeli saham di sebuah perusahaan penyewaan jet pribadi, dan menggelar pesta yang menghadirkan bintang rap Pitbull.

Malcolm Segal, seorang pengacara Jeff Carpoff, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa kliennya merasa sangat susah sebab bisnisnya yang dimaksudkan untuk menyediakan sumber energi ramah lingkungan dan memberikan manfaat pajak bagi banyak perusahaan besar justru menemui kegagalan, dan akibatnya dia melakukan sejumlah tindakan pidana.

US Securities and Exchange Commission mengajukan gugatan perdata terhadap pasangan suami-istri itu.

Pihak berwenang mengatakan sudah lebih dari $120 juta diselewengkan dalam skema itu, termasuk sebuah mobil Pontiac Firebird 1978 yang pernah dimiliki aktor Hollywood Burt Reynolds.

Bulan Februari 2019, DC Solar mengajukan perlindungan kebrangkrutan Chapter 11 di Reno, negara bagian Nevada.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !