Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Masjid Sydney Membuka Pintu bagi Korban Kebakaran Hutan

Facebook.com/MarsdanParkmosque
Muslim Australia
Bagikan:

Hidayatullah.com – Komunitas Muslim di Marsden Park, pinggiran kota Sydney telah mengundang orang-orang yang kehilangan rumah atau tempat tinggal mereka dalam kebakaran hutan untuk tinggal di masjid.

Masjid yang baru-baru ini dibuka untuk pengungsi ini dikelola oleh Forum Internasional untuk Muslim Australia (IFAM) dan Charity Australia International seperti yang dilaporkan SBS pada Kamis (16/01/2020).

Menurut direktur Charity International Australia, Rab Nawaz, sangatlah penting untuk membantu orang-orang di masa-masa krisis ini.

“Begitu banyak nyawa yang telah hilang di Australia dalam kebakaran hutan baru-baru ini, begitu juga rumah-rumah yang hancur,” katanya. “Setidaknya ini yang bisa kami lakukan untuk saling membantu.”

Mereka yang terdampak kebakaran hutan dapat tinggal di masjid. “Kami telah mendedikasikan area di masjid untuk orang-orang yang membutuhkan.”

Masjid yang buka setiap hari untuk ibadah itu meliputi ruang shalat yang luas serta sebuah dapur yang menyediakan makanan.

Nawaz mengatakan meskipun belum ada korban yang datang ke masjid, komunitas Muslimnya telah ikut serta membantu korban kebakaran yang mungkin membutuhkan bantuan.

Kebakaran hutan baru-baru ini di New South Wales telah menyebabkan kematian dari dua puluhan warga Australia dengan kerusakan lebih dari 2.000 rumah.

Pemerintah New South Wales pada Senin juga telah meluncurkan sebuah rencana untuk menyediakan rumah liburan kosong kepada para korban yang kehilangan tempat tinggal.

Rencana itu diumumkan oleh anggota parlemen Andrew Constance dan Gareth Ward, yang para pemilihnya termasuk paling terdampak oleh kebakaran hutan.

Lembaga amal Muslim juga telah mengumpulkan makanan dan barang lain yang dibutuhkan dan mendonasikannya ke bank makanan Rural Fire Service setempat.

“Barang-barang itu terutama terdiri dari makanan kaleng, masker, air mineral botol, buah-buahan kering, jus kecil, paket susu, mi instan, tisu toilet, dan tisu bayi,” Nawaz menjelaskan.

“Kami menjalankan membuka donasi selama seminggu penuh melalui empat masjid di Campbelltown, Bankstown, Marsden Park, dan Rooty Hull… Tanggapan dari masyarakat sangat luar biasa dan kami dapat mengumpulkan banyak barang hingga muat satu truk.

“Kami mengirimkan makanan dan barang lain ke Wingello, Penrose, Bundanoon, Exeter, Moss Vale, Minto dan ke Bank Makanan NSW.”*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Belasan Personel Garda Nasional AS Dibebastugaskan dari Pengawalan Pelantikan Biden

Belasan Personel Garda Nasional AS Dibebastugaskan dari Pengawalan Pelantikan Biden

Hukuman Pelecehan Seksual di Beberapa Negara

Hukuman Pelecehan Seksual di Beberapa Negara

Amerika Berencana Lanjutkan Pengadilan WNI Tersangka Pelaku Bom Bali

Amerika Berencana Lanjutkan Pengadilan WNI Tersangka Pelaku Bom Bali

Mufti Rusia: Muslim Moskow Perlu Tambahan Masjid

Mufti Rusia: Muslim Moskow Perlu Tambahan Masjid

Ulama Mesir Bantah Bolehkan Visualisasi Cucu Rasulullah

Ulama Mesir Bantah Bolehkan Visualisasi Cucu Rasulullah

Baca Juga

Berita Lainnya