Paspor Brunei Terkuat Ke-16 di Dunia

Paspor Brunei Terkuat Ke-16 di Dunia

Terkait

Hidayatullah.com—Dengan akses bebas visa atau visa saat kedatangan di 153 negara atau tujuan, paspor negara Brunei merupakan yang terkuat ke-16 di dunia, menurut Global Passport Index terbaru yang disusun Arton Cappital.

Menurut laporan koran lokal Borneo Dailly hari Ahad (12/1/2020), indeks tersebut memeringkat semua paspor seluruh dunia berdasarkan banyaknya jumlah negara yang dapat diaksesnya tanpa terlebih dahulu mengajukan visa.

Uni Emirat Arab (UEA) berada di peringat teratas selama dua tahun berturut-turut, memberikan warganya kemampuan untuk melancong ke 179 negara atau tujuan tanpa visa atau hanya dengan visa saat kedatangan.

Di belakang UEA ada Jerman, Finlandia, Luxembourg dan Spanyol dengan bebas visa di 172 negara dan tujuan; Denmark, Italia, Belanda, Australia, Portugal, Swiss, Jepang, Korea Selatan, Irlandia dan Amerika Serikat dengan 171 negara atau tujuan.

Pada pertengahan 2019, paspor Brunei berada di peringkat ke-21 berdasarkan Henley Passport Index. Kala itu pemegang paspor Brunei dapat bebas bepergian ke 165 tujuan. Dalam index yang sama sebelumnya, paspor negara kesultanan itu juga menempati peringkat ke-21. Henley Passport Index rutin dirilis setiap kwartal.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !