Tambah Populasi, Hungaria Gratiskan Program Bayi Tabung

Tambah Populasi, Hungaria Gratiskan Program Bayi Tabung
Ilustrasi.

Terkait

Hidayatullah.com—Hungaria akan menggratiskan program bayi tabung di klinik-klinik pemerintah bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Demikian diumumkan Perdana Menteri Viktor Urban.

Orban mengatakan fertilitas memiliki “kepentingan strategis”. Bulan lalu, pemerintahannya mengambil alih klinik-klinik fertilitas yang ada di Hungaria.

Orban, seorang politisi nasionalis sayap kanan, sejak lama lebih mengedepankan penambahan jumlah penduduk lewat kelahiran daripada imigrasi dari luar Eropa guna mengatasi penurunan populasi. Hungaria selama empat dekade terakhir mengalami penurunan jumlah penduduk.

“Apabila kita menginginkan anak-anak Hungaria dan bukannya imigran, dan jika perekonomian Hungaria dapat menggalang dana yang diperlukan, maka solusi satu-satunya adalah menghabiskan dana sebanyak mungkin untuk mendukung keluarga-keluarga dan membesarkan anak-anak,” kata Orban.

PM Hungaria itu memaparkan kebijakan fertilitasnya pada hari Kamis (9/1/2020), setelah menempatkan 6 klinik kesuburan di bawah kontrol pemerintah pada bulan Desember, lansir BBC.

Program bayi tabung akan diberikan gratis mulai 1 Februari, tetapi tidak jelas siapa yang berhak mendapatkan layanan itu.

Dengan perkiraan tingkat kelahiran 1,48 per wanita, Hungaria merupakan salah satu dari beberapa negara Eropa Timur yang mengalami penurunan jumlah penduduk, dikarenakan tingkat kelahiran yang rendah dan juga karena emigrasi penduduk kelompok usia kerja ke negara Uni Eropa lain.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !