Bagi Orang Jerman Donald Trump Lebih “Horor” daripada Kim Jong-un atau Putin

Bagi Orang Jerman Donald Trump Lebih “Horor” daripada Kim Jong-un atau Putin

Terkait

Hidayatullah.com–Walaupun Washington merupakan salah satu sekutu paling dekat Jerman, tetapi kepercayaan publik terhadap Amerika Serikat terkikis semasa pemerintahan Presiden Donald Trump, begitu hasil survei YouGov terbaru menunjukkan.

Orang Jerman ditanya, siapa yang lebih berbahaya: pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Presiden China Xi Jinping, pemimpin spiritual tertinggi Syiah Iran Ayatullah Ali Khomenei, Presiden Rusia Vladimir Putin atau Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Sebanyak 41% orang Jerman berpendapat bahwa Trump lebih membahayakan dibanding lima pemimpin dunia tersebut.

Di tempat kedua adalah Kim dengan 17%, diikuti Putin dan Khomenei masing-masing 8%, terakhir Xi dengan 7%.

Lebih dari 2.000 orang di Jerman mengikuti survei itu, yang diprakarsai oleh kantor berita DPA, lansir DW Kamis (26/12/2019).

Jajak pendapat serupa yang dilakukan YouGov pada bulan Juli tahun 2018 menunjukkan 48% orang Jerman yang disurvei menilai Trump lebih berbahaya dibanding Kim dan Putin. Namun, kala itu nama Khomenei dan Xi tidak dimasukkan.

Dalam jajak pendapat akhir tahun lainnya, kepercayaan publik terhadap Kanselir Jerman Angela Merkel di dalam negeri juga tampak terkikis, terutama apabila dibandingkan pemimpin-pemimpin Eropa lain.

Menurut survei yang dilakukan Kantar Institute untuk grup media Funke, 57% orang Jerman yang disurvei mengatakan bahwa mereka memberikan kepercayaan “cukup tinggi” kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron. Sedangkan Merkel hanya mendapat 53%.

Perbedaan keduanya terlihat semakin nyata ketika mistar digeser menjadi siapa yang “paling tidak mereka percayai”, suara orang Jerman yang disurvei 44% menyebut Merkel, dan hanya 32% yang menyebut Macron.

Dalam jajak pendapat itu, Trump menjadi pemimpin dunia yang paling tidak dipercayai orang Jerman (89%), disusul kemudian Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (86%) dan PM Inggris Boris Johnson (71%).

Perkembangan di ketiga negara sekutu Jerman di NATO itu (AS, Turki, Inggris) sejak 2016 mendapat perhatian cukup besar oleh media di Jerman.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !