Peneliti: Banyak Orang Muda di Asia, Eropa, Amerika Kecanduan Ponsel Pintar

Peneliti: Banyak Orang Muda di Asia, Eropa, Amerika Kecanduan Ponsel Pintar
Ilustrasi.

Terkait

Hidayatullah.com—Rata-rata sekitar 23% anak-anak atau pemuda, atau hampir satu dari setiap empat orang muda, kecanduan menggunakan ponsel pintar, menurut hasil penelitian terbaru.

Kecanduan ponsel pintar ini, termasuk merasa resah dan gelisah ketika tidak ada ponsel atau mengabaikan aktivitas lain hanya untuk menghabiskan waktu dengan ponsel, berdampak buruk kepada kesehatan mental, menurut analisis hasil penelitian.

Orang-orang yang kecanduan ponsel mengalami peningkatan depresi, kegelisahan dan stres, serta kurang tidur.

Para peneliti mereview 41 hasil studi yang dipublikasikan sejak 2011yang meneliti total 41.871 responden remaja dan pemuda dari Asia, Eropa dan Amerika.

“Review kami mengkaji dampak tidak hanya penggunaan berlebihan, tetapi juga penggunaan disfungsional ponsel pintar. Dan dengan melihat pola-pola perilaku ‘kecanduan’ terhadap ponsel pintar, kami menemukan korelasi antara tipe perilaku disfungsional dengan kondisi buruk kesehatan mental,
kata salah satu penyusun laporan penelitian itu Dr. Ben Carter dari Institute of Psychiatry, Psychology and Neuroscience di King’s College London, seperti dilansir Euronews Jumat (29/11/2019).

Banyak pengguna ponsel yang tidak bijak mengaku menghabiskan sebagian besar waktunya di situs-situs jejaring sosial.

Perempuan berusia 17 sampai 19 tahun adalah kelompok yang paling banyak mengalami kecanduan ponsel pintar.

“Ponsel pintar ini akan senantiasa ada dan oleh karena itu perlu adanya pehamanan tentang kecenderungan penggunaan ponsel secara tidak bijak,” kata Dr. Nicola Kalk dari King’s College London.

“Kami tidak tahu apakah ponsel pintar itu sendiri dapat menimbulkan kecanduan ataukah aplikasi-aplikasi yang dipergunakan orang,” imbuhnya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !