Kamis, 21 Oktober 2021 / 15 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Filantropis Libanon Donasikan Topi Hitler ke Yayasan Israel

Sebuah topi top hat yang pernah digunakan Adolf Hitler itu dibeli dengan harga 50.000 euro ($55.300) oleh pengusaha Swiss kelahiran Libanon Abdallah Chatila dalam sebuah lelang kontroversial yang digelar pada 20 November di kota Munich negara bagian Bavaria, Jerman.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Seorang filantropis Libanon berbasis di Swiss mendonasikan sebuah topi milik mendiang pemimpin Nazi Adolf Hitler ke sebuah yayasan Israel. Dia mengatakan tidak ingin benda itu jatuh ke tangan kelompok neo-Nazi.

Sebuah topi top hat yang pernah digunakan Adolf Hitler itu dibeli dengan harga 50.000 euro ($55.300) oleh pengusaha Swiss kelahiran Libanon Abdallah Chatila dalam sebuah lelang kontroversial yang digelar pada 20 November di kota Munich negara bagian Bavaria, lansir DW Ahad (24/11/2019).

Chatila beralasan dia tidak ingin benda itu beralih ke tangan kelompok Neo-Nazi.

“Sangat penting bagi saya agar barang-barang dari era sejarah memilukan ini tidak jatuh ke tangan yang salah,” kata Chatilla dalam email yang dikirimkan ke DW.

Pria berusia 45 tahun itu,pemilik bisnis permata bernilai jutaan dolar di kota Jenewa, mengatakan bermaksud membeli lebih banyak barang tetapi kalah dalam lelang yang digelar oleh rumah lelang Hermann Historica tersebut.

Memorabilia era Nazi lainnya yang juga dibeli Chatilla antara lain buku Mein Kampf milik Hermann Goering yang terjual dengan harga 130.000 euro.

Semua memorabilia Nazi yang dibeli Chatila akan didonasikan ke asosiasi Karen Hayesod, kelompok penggalang dana Israel yang akan memutuskan nasib barang-barang tersebut.

“Saya sangat berharap barang-barang antik itu akan dipamerkan di sebuah museum Holocaust yang dapat menggunakannya lebih baik dibanding entitas lain,” kata Chatila.

Menurut profil yang tertulis di website Swiss Arab Entrepreneurs.ch, keluarga Chatila datang ke Swiss pada tahun 1988. Dia bergabung dengan bisnis pertama yang dikelola keluarganya pada tahun 1995 dan mendulang sukses dalam perniagaan berlian.

Topi yang dibeli Chatila merupakan jenis top hat yang dapat dipipihkan yang dibuat oleh J-A. Seidl pada awal tahun 1930-an. Topi tersebut ditemukan di rumah pribadi Hitler di Munich.

Sementara buku karya Adolf Hitler itu merupakan satu dari 100 buku Mein Kampf edisi terbatas, yang dicetak oleh penerbit di Munich untuk tujuan khusus dan di dalamnya ada tambahan bagian tentang sejarah Partai Nazi.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Resmi Dinyatakan Menang Partai Sekuler Nidaa’ Tunis Kuasai 85 Kursi Parlemen

Resmi Dinyatakan Menang Partai Sekuler Nidaa’ Tunis Kuasai 85 Kursi Parlemen

Putra Mahkota Saudi Dipuji Donasikan Dana Bantu Wabah Kolera Yaman

Putra Mahkota Saudi Dipuji Donasikan Dana Bantu Wabah Kolera Yaman

Diskriminasi Muslim di Eropa Meningkat,  Hanya Karena Nama dan Pakaian

Diskriminasi Muslim di Eropa Meningkat, Hanya Karena Nama dan Pakaian

Going Postal 2 Perankan Islam Sebagai Penjahat

Going Postal 2 Perankan Islam Sebagai Penjahat

Margaret Thatcher Meninggal Dunia

Margaret Thatcher Meninggal Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya