DAESH

Diam-diam Turki Berhasil Menangkap Mendiang Istri Abu Bakar Al Baghdadi

Kami menangkap istrinya dan tidak membuat keributan seperti mereka (AS)

Diam-diam Turki Berhasil Menangkap Mendiang Istri Abu Bakar Al Baghdadi
Recep Tayyip Erdogan

Terkait

Hidayatullah.com-Turki berhasil menangkap istri pempimpin Daesh (IS), Abu Bakar Al Baghdadi, keberhasilan kedua setelah sebelumnya menangkap kakak perempuan Baghdadi, Rasmiya Awad (65)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Rabu bahwa Turki telah berhasil menangkap seorang istri pemimpin kelompok Daesh (IS) Abu Bakar al Baghdadi.

Pengumuman Erdogan ini datang lebih dari seminggu setelah mantan pemimpin IS itu dikabarkan bunuh diri selama serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat (AS).

“Saya mengumumkan untuk pertama kalinya, kami juga menangkap istri Baghdadi,” kata Erdogan dalam sebuah upacara di ibu kota Ankara dikutip Anadolu.

Erdogan mengatakan AS telah mengubah pembunuhan Baghdadi menjadi kampanye sedangkan Turki yang telah menangkap saudara perempuan, saudara perempuan, dan ipar pemimpin Daesh yang terbunuh itu menahan diri dari hal ini, katanya.

“AS mengatakan Baghdadi bunuh diri di sebuah terowongan. Mereka memulai kampanye komunikasi tentang ini,” kata Erdogan dalam pidato di Universitas Ankara sebagaimana dikutip lembaga penyiaran resmi Turki, TRTWorld.

“Tapi, saya mengumumkannya di sini untuk pertama kalinya: Kami menangkap istrinya dan tidak membuat keributan seperti mereka. Demikian pula, kami juga menangkap saudara perempuan dan iparnya di Suriah,” tambahnya.

Presiden Turki itu menggambarkan seorang teroris sebagai seseorang yang menumpahkan darah orang tak bersalah untuk tujuan sesat mereka sendiri.

“[…] Tidak seorang pun boleh menggunakan istilah ‘teror Islam’. Kami telah sering mengatakan ini kepada para pemimpin Barat pada pertemuan internasional dan kami akan terus mengingatkan mereka,” tambahnya.

Turki mengklaim sudah menangkap kakak perempuan dari mending pemimpin ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi dan menginterogasinya, serta suaminya dan menantu perempuannya yang juga ditahan

Erdogan menekankan bahwa musuh-musuh Islam menggunakan agama untuk menyebarkan terorisme.

Sebelum ini,  pejabat senior Turki mengatakan Turki telah menangkap saudara perempuan Baghdadi,  termasuk suami dan putrinya,  di Provinsi Idlib, Suriah barat laut, tepat di seberang perbatasan dari Turki.

Awad ditangkap di lokasi yang merupakan provinsi wilayah Euphrates Shield Operation  yang dijalankan oleh militer Turki di Suriah.

Direktur Komunikasi Turki, Fahrettin Altun, hari Selasa mengatakan bahwa Turki telah menahan Rasmiya Awad (65), kakak kepada Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin Daesh (IS), dalam operasi yang diselenggarakan hari Senin.

“Penangkapan saudara perempuan al Baghdadi dinilai contoh lain dari keberhasilan operasi kontra-terorisme kami,” Fahrettin Altun, Direktur Komunikasi Turki, melalui akun Twitter-nya.

Penangkapan Rasmiya Awad dan istri Baghdadi ini merupakan informasi penting, yang disebut Turki sebagai “tambang emas” dunia intelijen. *

Rep: Nashirul Haq AR

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !