Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Spanyol Terima Ratusan Ribu Yahudi sebagai Warga Negara

Yahudi Spanyol
Bagikan:

Hidayatullah.com—Negara Spanyol akhirnya menerima 127.000 lamaran menjadi warga negara dari masyarakat Yahudi Sephardi. Batas warga Yahudi yang tinggal di luar Spanyol untuk mendaftarkan diri menjadi warga negara Spanyol telah berakhir. Sekitar 127.000 telah melamar, sebagian besar dari Amerika Latin, kutip BBC.

Warga Yahudi yang tinggal di Meksiko diprioritaskan, dengan 20.000 jumlah permohonan, diikuti oleh Yahudi di Venezuela dan Kolombia.
Tahun 2015, Spanyol meloloskan peraturan untuk “membayar ganti rugi” pengusiran Yahudi Sephardi dari negara itu pada abad pertengahan.

Abad ke-15, kerajaan Katolik Spanyol setelah mengalahkan bangsa Moor Muslim, memaksa orang Yahudi berganti agama atau meninggalkan negara itu.

Permohon harus memberikan bukti hubungan kekeluargaan dengan Spanyol abad pertengahan – yang pada sejumlah kasus sulit dilakukan. Selain itu mereka harus mendapatkan sertifikat pengacara terkait dengan asal usul Sephardi mereka.

Yahudi Spanyol memberikan nama Ibrani “Sepharad” bagi semenanjung Iberia. Karena itulah keturunan Yahudi dari Spanyol dan Portugal masih mengacu kepada diri mereka sebagai Yahudi Sephardi.

Pemohon kewarganegaraan Spanyol berhak mempertahankan kewarganegaraannya saat ini, meskipun pada umumnya Spanyol tidak mengakui kewarganegaraan ganda.

Para pemohon juga harus lolos tes budaya dan konstitusi Spanyol, serta mampu berbahasa Spanyol atau Ladino, bahasa campuran Yahudi-Spanyol.

Portugal masih menawarkan kebijakan yang sama.

Di bawah Kerajaan Moor, Al-Andalusia, masyarakat Yahudi berkembang, agama mereka diterima dan ilmuwan Yahudi memberikan pengaruh signifikan, menyebarkan pengetahuan timur ke Eropa abad pertengahan, kutip BBC.

Ahli sejarah memperkirakan sekitar 20.000 Yahudi tinggal di Spanyol sebelum pengusiran, yang dilakukan setelah Katolik menguasai Granada pada tahun 1492. Yahudi Sephardi pada umumnya tinggal di Afrika Utara, Balkan, Turki dan kemudian di Amerika Latin.

Yahudi yang mendapatkan kewarganegaraan Spanyol berdasarkan hukum baru tidak diwajibkan pindah ke Spanyol. Upacara naturalisasi dapat dilaksanakan di konsulat Spanyol di negara tempat tinggal.

Media Spanyol melaporkan terjadi gelombang besar pemohon beberapa saat sebelum batas waktu 30 September; 67.000 orang mendaftarkan diri pada bulan September.

Apa Muslim juga punya Hak?

Diperkirakan terdapat paling tidak dua juta diaspora Yahudi Sephardi di dunia.

Tahun 2014 pemerintah Spanyol telah menyetujui RUU yang menawarkan kewarganegaraan kepada keturunan Yahudi yang diusir dari Spanyol lebih dari 500 tahun.

“Kami menerima banyak panggilan dari orang-orang yang mencari nama mereka, atau nama-nama keluarga yang sama dengan daftar yang dirilis pemerintah Spanyol,” kata pengacara Maya Weiss-Tamir, yang mengkhususkan diri dalam pengurusan kewarganegaraan Eropa dan masalah emigrasi.

UU – yang mulai berlaku pada bulan Oktober 2015 – memberikan hak kewarganegaraan ganda untuk orang Yahudi dengan keturunan Spanyol, yang dikenal sebagai orang Yahudi Sephardic. Di bawah undang-undang 1924 sebelumnya, pemerintah memiliki wewenang untuk memberikan kewarganegaraan Yahudi Sephardic, tetapi para kandidat harus menyerahkan kewarganegaraan mereka sebelumnya dan mereka harus menjadi penduduk Spanyol.

Undang-undang baru memberi orang Yahudi Sephardic hak istimewa kewarganegaraan ganda yang sama dengan Spanyol saat ini hanya memberikan kepada orang-orang dari bekas jajahannya dan tetangga Portugal dan Andorra. Undang-undang ini mendapat dukungan dari dua partai utama Spanyol dan dengan nyaman menghapus pembacaan terakhirnya.

Tapi sejumlah orang juga bertanya, Jika Spanyol menyambut kembali orang-orang Yahudi, akankah orang Muslim memiliki hak sama?.*/
Ahmad

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Polisi Honduras Tahan Wanita Suriah dan Pria Pakistan yang Menuju Amerika Serikat

Polisi Honduras Tahan Wanita Suriah dan Pria Pakistan yang Menuju Amerika Serikat

Pembunuhan Imam Masjid, Wali Kota New York Sebut Muslim jadi Sasaran Kefanatikan

Pembunuhan Imam Masjid, Wali Kota New York Sebut Muslim jadi Sasaran Kefanatikan

Penghapusan Mejelis Syura Mesir Disetujui Komite Konstitusi

Penghapusan Mejelis Syura Mesir Disetujui Komite Konstitusi

Jerman: ISIS Lebih Buruk, Tapi Kekejaman Rezim Assad Tak Bisa Diabaikan

Jerman: ISIS Lebih Buruk, Tapi Kekejaman Rezim Assad Tak Bisa Diabaikan

Bush Pernah Anggap Kehadiran Aljazeera Melawan Kebijakan Amerika

Bush Pernah Anggap Kehadiran Aljazeera Melawan Kebijakan Amerika

Baca Juga

Berita Lainnya