Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Internasional

Gempa Guncang Kashmir yang Dikelola Pakistan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Gempa berkekuatan 5,8 SR telah mengguncang Kashmir yang dikelola Pakistan dan wilayah di provinsi Punjab, menurut badan geologi AS.

Gempa itu terjadi di 22 kilometer (14 mil) utara kota Jhelum di sepanjang perbatasan yang memisahkan pusat pertanian provinsi Punjab dan Kashmir yang dikelola Pakistan, yang secara lokal dikenal sebagai Azad Kashmir, kata USGS pada Selasa.

Kepala ahli meteorologi Pakistan Muhammad Riaz mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa wilayah yang terkena dampak “paling parah” adalah Mirpur di Azad Kashmir.

Pegawai penanggulangan bencana setempat mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka masih mengumpulkan laporan dari lokasi gempa, tetapi telah menerima kabar kerusakan infrastruktur.

“Kami memiliki laporan keretakan di jalan-jalan di sana,” kata pejabat manajemen bencana Ammar Raza Shaikh.

Tahir Mahmood, seorang pejabat senior kepolisian di Rawalakot, sekitar 80 km dari Mirpur, mengatakan “ada banyak kerusakan infrastruktur [di Mirpur].” Dia menambahkan: “Belum ada korban.

“Beberapa jalan tampaknya telah mengalami retakan dan longsor. Banyak kendaraan terbalik.”

Tentara dikirim

Juru bicara militer negara itu mengatakan “operasi penyelamatan darurat” telah diluncurkan “dalam bantuan administrasi sipil”.

“Pasukan tentara dengan tim pendukung dari penerbangan dan medis dikirim,” kata juru bicara militer Mayor Jenderal Asif Ghafoor.

Getaran juga dirasakan di kota Lahore timur, sekitar 270km ke selatan, dan bahkan hingga Ibu Kota India, New Delhi (lebih dari 800 km dari pusat gempa).

Kantor berita India, Press Trust of India melaporkan bahwa orang-orang yang panik berhamburan keluar dari rumah dan kantor mereka di beberapa tempat, termasuk di Rajasthan, Punjab, dan Haryana.

Pada Oktober 2015, gempa berkekuatan 7,5 skala Richter di Pakistan dan Afghanistan menewaskan hampir 400 orang, meratakan bangunan-bangunan di medan terjal yang menghambat upaya bantuan.

Negara itu juga dilanda gempa berkekuatan 7,6 pada 8 Oktober 2005, yang menewaskan lebih dari 73.000 orang dan menyebabkan sekitar 3,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, terutama di Kashmir yang dikelola Pakistan. */Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Laporan: Facebook  ‘Dengan sengaja’ Gagal Mengatasi Masalah Anti-Muslim Meskipun Terdapat Potensi Genosida

Laporan: Facebook ‘Dengan sengaja’ Gagal Mengatasi Masalah Anti-Muslim Meskipun Terdapat Potensi Genosida

Kendaraan Amfibi Tenggelam Saat Latihan, 8 Tentara Amerika Serikat Hilang

Kendaraan Amfibi Tenggelam Saat Latihan, 8 Tentara Amerika Serikat Hilang

Pemilu Parlemen dan Presiden Mesir 2014 , Al-Ikhwan Boleh Ikut

Pemilu Parlemen dan Presiden Mesir 2014 , Al-Ikhwan Boleh Ikut

Larangan SIM Muslimah Ber-purdah di Florida

Larangan SIM Muslimah Ber-purdah di Florida

Amerika Akui “Culik” Anak Afia Siddiqui Berusia 12 Tahun

Amerika Akui “Culik” Anak Afia Siddiqui Berusia 12 Tahun

Baca Juga

Berita Lainnya