Mesir Tutup Beberapa Akses Menuju Tahrir Square

Mesir Tutup Beberapa Akses Menuju Tahrir Square
Time Square - Mesir

Terkait

Hidayatullah.com–Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi mengomentari seruan untuk demonstrasi terhadap kepemimpinannya, dengan mengatakan “tidak ada alasan untuk khawatir” bahkan ketika tentara dan polisi memperketat keamanan di ibu kota, Kairo, dan kota-kota besar lainnya.

Komentar itu terjadi pada Jumat dengan kelompok-kelompok HAM mengatakan hampir 2.000 orang telah ditangkap sejauh ini dalam penangkapan besar-besaran pasca demonstrasi kecil pada minggu lalu terhadap al-Sisi, yang berkuasa setelah kudeta 2013.

“Tidak ada alasan untuk khawatir. Mesir adalah negara yang kuat terima kasih kepada orang Mesir,” kata presiden kepada wartawan sambil tersenyum, tak lama setelah kembali dari Majelis Umum PBB (UNGA) di New York.

Di Kairo, pasukan keamanan menutup jalur-jalur ke arah Tahrir Square, pusat pemberontakan 2011 yang menggulingkan mantan diktator Hosni Mubarak. Terdapat kehadiran polisi yang besar di sekitar lapangan itu dan di beberapa persimpangan pusat kota.

Kementerian Dalam Negeri Mesir, dalam pernyataan singkatnya pada Kamis, memperingatkan akan “menghadapi setiap upaya untuk mengacaukan perdamaian sosial dengan cara yang tegas”.

Demonstrasi pada minggu lalu merupakan respon atas panggilan aksi dari Mohamed Ali, seorang pengusaha Mesir yang menuduh al-Sisi membuang-buang dana publik pada proyek yang sia-sia meskipun kemiskinan yang meluas. Mantan kontraktor militer itu, yang tinggal di pengasingan di Spanyol, telah menyerukan “pawai sejuta orang” dan “revolusi rakyat” untuk menggulingkan al-Sisi.

Dalam sebuah video baru yang diposting pada Kamis malam, Ali mendesak para pendemo untuk tidak bentrok dengan pasukan keamanan dan mengatakan Tahrir Square atau Tahrir Square tidak harus menjadi fokus demo. “Semua lapangan di Mesir adalah Tahrir Square,” katanya.

Al-Sisi, yang berkuasa setelah memimpin militer menggulingkan Presiden Mohamed Morsi pada tahun 2013, telah menolak semua tuduhan Ali.

Morsi, presiden pertama yang terpilih secara demokratis Mesir, meninggal pada Juni. Dia telah berada di penjara sejak dia digulingkan dari jabatannya.

Human Rights Watch mengatakan pada hari Jumat bahwa hampir 2.000 orang telah ditangkap selama seminggu terakhir, yang merupakan tindakan keras terbesar sejak 2013.

“Pengacara para tahanan telah memposting di lama sosial media mereka beberapa laporan mengenai pasukan keamanan yang secara sewenang-wenang menangkap banyak orang hanya karena ‘berada di tempat dan waktu yang salah’ atau memiliki konten kritis di telepon genggam mereka,” kelompok ham itu mengatakan.

Dalam pemberitahuan resmi pertama mengenai demonstrasi, kantor jaksa agung mengatakan “tidak lebih dari 1.000 demonstran” telah diinterogasi oleh jaksa penuntut. Tahanan termasuk warga negara Belanda dan warga Palestina yang termasuk dalam kelompok Jihad Islam, kata mereka.

Dikatakan jaksa memiliki perintah untuk “memeriksa akun media sosial dan halaman dari mereka yang ditahan”.

Pusat Hak Ekonomi dan Sosial Mesir mengatakan 96 anak di bawah umur di antara 1.915 orang yang telah ditangkap antara akhir pekan lalu dan awal Rabu.

Delapan kelompok hak asasi manusia mengeluarkan pernyataan yang menuntut pembebasan segera aktivis politik dan pencabutan pembatasan kebebasan berekspresi.

“Protes juga merupakan reaksi terhadap akumulasi kebijakan presiden sejak ia menjabat, yang tidak mencapai stabilitas politik maupun ekonomi,” bunyi pernyataan itu.

Sementara itu, media lokal yang dikelola pemerintah telah meluncurkan kampanye untuk mendiskreditkan pengunjuk rasa sebagai pengkhianat yang berusaha untuk memicu kekacauan.

Para pendukung presiden juga menyerukan demonstrasi tandingan dengan televisi pro-Sisi ONE yang meminta para pendukungnya untuk berkumpul di Hisham Barakat Square di Kairo “untuk menunjukkan kepada mereka cinta yang dimiliki orang Mesir terhadap negara dan pemimpin mereka”.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !