WHO: Setiap 40 Detik Satu Orang Mati Bunuh Diri

WHO: Setiap 40 Detik Satu Orang Mati Bunuh Diri
Hutan di Jepang yang sering dijadikan lokasi bunuh diri.

Terkait

Hidayatullah.com—Setiap 40 detik satu orang menemui ajalnya dikarenakan bunuh diri, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelang World Suicide Prevention Day hari Selasa 10 September. Memperingatkan bahwa hanya segelintir negara yang memiliki strategi pencegahan bunuh diri.

Dilansir Euronews, data WHO menyebutkan sekitar 800.000 orang setiap tahun meninggal dunia karena bunuh diri, lebih dari seperempat dari jumlah tersebut terjadi di negara-negara yang terkategori berpendapatan rendah atau menengah.

Pada tahun 2016, bunuh diri merupakan penyebab utama kedua kematian di kalangan orang muda berusia 15-26 tahun, setelah kecelakaan lalu lintas.

Hari Senin (9/9/2019), WHO mengatakan bahwa hanya 38 negara di seluruh dunia yang memiliki strategi pencegahan bunuh diri nasional.

Menurut lembaga di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu, cara paling efektif untuk mengurangi angka bunuh diri adalah pemerintah membatasi akses pestisida. Menenggak racun pestisida merupakan cara paling banyak kedua yang dipakai orang untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Seperlima kasus kematian akibat bunuh diri di dunia menggunakan pestisida.

Data WHO juga menunjukkan bahwa di negara-negara kaya, pelaku bunuh diri kebanyakan laki-laki yaitu tiga kali lebih banyak dibanding wanita. Sedangkan di negara-negara menengah dan miskin, persentase pelaku bunuh diri antara lelaki dan perempuan tidak jauh berbeda.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa meskipun ada orang yang gagal bunuh diri berusaha mengulanginya, tetapi tidak sedikit mereka yang gagal bunuh diri tetapi kemudian berhasil diselamatkan justru kemudian menjalani kehidupan yang produktif.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !