Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Akan Dikirim ke Antwrep, Aparat Sita 1,3 Ton Heroin di Inggris

National Crime Agency (NCA) hari Rabu (4/9/2019) mengungkap penyitaan narkoba kelas A bernilai £120 juta berupa heroin seberat hampir 1,3 ton dari sebuah kapal kontainer, yang berlabuh di Felixstowe, bagian tenggara England
Bagikan:

Hidayatullah.com—Heroin bernilai jutaan euro disita di Inggris oleh polisi perbatasan. Kiriman narkoba seberat 1,3 ton itu akan dibawa ke kota Antwrep, Belgia.

Kerja sama petugas-petugas kepolisian Eropa berhasil mengungkap upaya penyelundupan heroin terbesar yang pernah terjadi di Inggris, demikian dikatakan National Crime Agency (NCA) hari Rabu (4/9/2019). Narkoba kelas A bernilai £120 juta seberat hampir 1,3 ton itu ditemukan di antara tumpukan handuk dan jubah mandi di dalam sebuah kapal kontainer, yang berlabuh di Felixstowe, bagian tenggara England, pada 30 Agustus.

“Ini merupakan rekor penyitaan heroin di Inggris dan salah satu yang terbesar di Eropa,” kata Matt Horne, wakil direktur NCA. Jumlah heroin yang disita di Inggris tersebut jauh melebihi heroin yang disita aparat Jerman bulan Juni tahun ini, lansir DW.

Kapal tersebut, Gibraltar MV, akan menuju kota Antwrep di Belgia ketika petugas-petugas Border Force dan NCA di Inggris hari Jumat (30/8/2019) menyita narkoba tersebut. Empat orang kemudian ditangkap di Rotterdam, Belanda.

Jenny Sharp, asisten direktur Felixstowe Border Force, mengatakan bahwa para penyelundup menyembunyikan satu ton lebih heroin itu di dalam tumpukan handuk, menjahit setiap bungkus hampir seberat 1 kg di dalam sebagian tersebut. Sharp mengatakan anak buahnya membutuhkan waktu hampir enam jam Sabtu dini hari untuk mengeluarkan bungkusan-bungkusan heroin tersebut.

Sebelumnya pada 2 Agustus, di pelabuhan yang sama petugas menyita hampir 400 kilogram heroin.

Secara keseluruhan penggunaan heroin di Eropa terus menurun selama 10 tahun.

“Besarnya jumlah sitaan ini dan pengiriman-pengiriman lain [yang disita] belum lama ini menunjukkan besarnya ancaman yang kita hadapi,” kata Horne.*

Rep: Ama Farah
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Presiden Nyatakan Yaman Darurat

Presiden Nyatakan Yaman Darurat

Sebagian Wilayah Amerika Serikat Dihajar Badai Salju, Lima Tewas

Sebagian Wilayah Amerika Serikat Dihajar Badai Salju, Lima Tewas

Aktivis Hak-Hak Palestina Memblokir Pabrik Inggris Milik Perusahaan Senjata Terbesar Penjajah  ‘Israel’

Aktivis Hak-Hak Palestina Memblokir Pabrik Inggris Milik Perusahaan Senjata Terbesar Penjajah ‘Israel’

Pentagon Lakukan Mark Up Dana Perang Iraq?

Pentagon Lakukan Mark Up Dana Perang Iraq?

Aktivis Anti-Islam Inggris Tommy Robinson Bebas dari Penjara dengan Uang Jaminan

Aktivis Anti-Islam Inggris Tommy Robinson Bebas dari Penjara dengan Uang Jaminan

Baca Juga

Berita Lainnya