Lebih 750 Organisasi Non-Pemerintah Aktif di Jenewa Internasional

Lebih 750 Organisasi Non-Pemerintah Aktif di Jenewa Internasional

Terkait

Hidayatullah.com–Hasil riset terbaru mengidentifikasi 750 organisasi non-pemerintah (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat saat ini beroperasi di Jenewa, sebagian besar bergerak di bidang perdamaian, keadilan atau hukum dan hak asasi manusia.

Studi yang dilakukan oleh Universitas Jenewa atas nama Kementerian Luar Negeri Swiss dan otoritas Jenewa itu mencatat ada 759 organisasi non-pemerintah aktif di International Geneva, nama yang diberikan untuk distrik di bagian utara kota Jenewa yang memiliki tradisi sebagai lokasi kantor organisasi-organisasi internasional.

Dari jumlah itu, sebanyak 71% berkantor pusat di kota Swiss paling tersohor tersebut.

Jumlah NGO dalam laporan yang dirilis hari Kamis (29/8/2019) itu lebih banyak dibanding angka yang pernah dipublikasikan sebelumnya, lapor Swissinfo. Angka itu hanya mencakup NGO yang terbukti beraktivitas di atau memiliki kaitan dengan International Geneva, tetapi tidak termasuk lembaga amal atau organisasi kecil yang fokus aktivitasnya bersifat lokal.

Jenewa merupakan rumah bagi markas-markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk wilayah Uni Eropa, serta 37 organisasi internasional, seperti Organisasi Kesehatan Internasional (WHO), World Meteorological Organization, dan International Committee of the Red Cross (Palang Merah Internasional).

Beberapa organisasi non-pemerintah terkemuka yang disebut dalam laporan itu antara lain Médecins sans Frontières (Doctors without Borders atau Dokter Lintas Batas), Amnesty International, Human Rights Watch, dan organisasi gereja World Council of Churches.

Peneliti menemukan bahwa NGO yang berada di Jenewa itu umumnya fokus dalam enam bidang aktivitas: keadilan, perdamian dan HAM (47%); pendidikan, kesetaraan gender dan ketenagakerjaan (42%); pemberantasan kemiskinan dan kelaparan (31%); ilmu pengetahuan dan inovasi (25%); kesehatan (22%); dan lingkungan hidup (21%).

Keseluruhan, mereka mempekerjakan 3.146 staf, dengan 2.543 posisi merupakan pekerjaan purnawaktu. Organisasi-organisasi itu bervariasi besaran dan strukturnya, kebanyakan mempekerjakan kurang dari sepuluh orang, sedangkan lainnya beroperasi mengandalkan sukarelawan.

Antara tahun 2013 dan 2017, setengah dari NGO itu menerima dukungan pendanaan dari pemerintah federal Swiss atau dari pemerintah wilayah Jenewa atau dari pihak berwenang di kota itu.

Tahun lalu, jumlah uang yang dibelanjakan atau diinvestasikan oleh organisasi-organisasi internasional dan NGO mencapai rekor CHF6,2 miliar ($6,22 miliar), naik 3,6% dibanding tahun 2016. Lebih dari setelah jumlah itu –termasuk gaji, asuransi dan pembayaran uang pensiun– dibelanjakan atau diinvestasikan di Swiss.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !