Penduduk Greenland Meyakini Perubahan Iklim itu Benar Terjadi

Sembilan puluh persen penduduk di Pulau Greenland meyakini sekarang memang sedang terjadi perubahan iklim

Penduduk Greenland Meyakini Perubahan Iklim itu Benar Terjadi

Terkait

Hidayatullah.com–Sembilan puluh persen penduduk di Pulau Greenland meyakini sekarang memang sedang terjadi perubahan iklim, menurut survei nasional perihal dampak perubahan iklim terhadap populasi.

Hasil survei yang dituangkan dalam laporan “Greenlandic Perspectives on Climate Change 2018-19” itu memberikan gambaran secara nasional untuk pertama kali tentang penduduknya serta pandangan dan pengalaman mereka berkaitan dengan perubahan iklim, serta kebijakan yang menurut mereka harus menjadi prioritas.

Lebih dari tiga perempat penduduk Greenland mengaku merasakan dampak naiknya suhu udara dalam kehidupan sehari-hari.

Kelton Minor dari Kraks Food Institute for Urban Economic Research mengatakan kepada Euronews bahwa dampak memanasnya suhu bumi sangat nyata di Greendland.

“Perubahan iklim lebih dapat dilihat dan dirasakan di Greenland; tidak hanya pada temperatur, tetapi juga pada es di lautan,” kata Minor seperti dikutip Euronews Selasa (13/8/2019).

“Kami mendapati bahwa seperempat populasi bepergian melintasi es di lautan tahun lalu, dan menurut pendapat 8 dari 10 orang perjalanan itu lebih berbahaya di tahun-tahun belakangan dibanding dahulu.

“Greenland sedang mengalami perubahan dan orang harus menyesuaikan diri seiring waktu,” ujar Minor.

“Di bagian utara Greenland, orang sudah merasakan perubahan pada es dan permafrost. Namun kita juga melihat di bagian selatan negeri itu terjadi perubahan pada pola cuaca dan cuaca yang tidak dapat diperkirakan yang tentu saja menyulitkan orang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari,” papar Minor.

“Sekitar setengah dari populasi berpikir hal itu akan membahayakan mereka, dan sangat sedikit di kalangan mereka yang berpendapat bahwa hal itu akan memberikan manfaat. Rasionya 5-1,” jelas Minor.

Penelitian untuk menyusun laporan itu dilakukan dari Juli 2018 sampai awal tahun ini. Survei melibatkan tim internasional yang terdiri dari peneliti-peneliti asal Greenland, Amerika Serikat, Swedia dan Denmark, yang dikirim oleh Universitas Greenland, Universitas Kopenhagen, Kraks Fond Institute for Urban Research dan Greenland Perspective.*

Rep: Ama Farah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !