Belarusia Ingin Dapat Manfaat Jalur Sutera Abad XXI Besutan China

Belarusia Ingin Dapat Manfaat Jalur Sutera Abad XXI Besutan China
Great Stone Industrial Park, Belarusia.

Terkait

Hidayatullah.com–Belarusia sedang berupaya membangun perekonomiannya sekaligus menarik investor asing. Untuk mencapai tujuan tersebut, sebuah kawasan pusat perindustrian dibangun di dekat kota Minsk.

Great Stone Industrial Park adalah proyek bersama dengan China. Negara kecil di bagian Eropa Timur ini merupakan salah satu kawasan penting bagi Belt and Road Initiative besutan China, yang dijuluki sebagai Jalur Sutera Abad ke-21.

China mengandalkan Belarusia sebagai transit hub sehingga produk-produknya mudah menjangkau pasar Eropa. Sedangkan Belarusia melihatnya sebagai peluang untuk membangun perekonomian negerinya.

“Kita semua memahami bahwa perekonomian Belarusia harus dikembangkan. Kami membutuhkan teknologi baru, keterampilan baru yang datang bersama investor-investor asing. Dalam jangka panjang, Great Stone Park akan dapat memberikan kontribusi 3-5 persen pada GDP Belarusia. Dan menurut saya ini merupakan angka yang cukup bagus,” kata Sergei Vaitekhovsky , wakil dirjen Great Stone Industrial Development Company, kepada Euronews (21/6/2019).

Lebih dari 60 perusahaan telah terdaftar di kawasan industri itu, tidak hanya dari Belarusia dan China. Mereka antara lain berasal dari Swiss, Jerman, Austria.

CEO Great Stone Hu Zheng berkata, “Kami melihat hubungan antara China dan Eropa sekarang ini semakin dekat. Banyak perusahaan yang bertempat di kawasan industri ini berfokus pada Eropa. Great Stone Industrial Park akan memungkinkan mereka memasuki pasar Eropa dengan lebih mudah.”

Sejauh ini sudah lebih 400 juta euro diinvestasikan ke dalam pembangunan kawasan industri tersebut. Dalam beberapa tahun ke depan angka itu diperkirakan berlipat tiga.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !