Ahad, 28 Maret 2021 / 15 Sya'ban 1442 H

Internasional

Mahathir: Goldman Sachs Tawarkan Kompensasi Cuma RM1 Miliar untuk Kasus 1MDB

Mahathir Mohamad dalam Bloomberg Asean Business Summit 2019 di Bangkok.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Goldman Sachs Group Inc menawarkan Malaysia kompensasi hanya sebesar RM1 miliar (USD241 juta) untuk perannya menggalang dana 1MDB yang kemudian diselewengkan, kata Perdana Menteri Mahathir Mohamad, menyebut jumlah tersebut “sangat kecil” dibanding “pembunuhan besar” yang dilakukan bank asal Amerika Serikat itu.

Mahathir mengatakan jumlah yang layak adalah setara dengan komisi yang diperoleh Goldman Sachs ketika menjual obligasi USD6,5 miliar untuk 1MDB. Goldman Sachs mendapatkan komisi sekitar USD593 untuk jasanya menjualkan surat utang 1MDB tersebut. Jumlah komisi yang diterima Goldman Sachs itu melebihi dari apa yang biasa diperoleh bank-bank dari penjualan obligasi pemerintah, kata Mahathir dalam pertemuan Bloomberg Asean Business Summit di Bangkok hari Jumat (21/6/2019).

“Mereka menawarkan kompensasi dalam jumlah kecil, itu tak cukup,” kata Mahathir dalam wawancara dengan Haslinda Amin dari Bloomberg TV. “Kami ingin menyelesaikan masalah ini sebisa mungkin di luar pengadilan, tetapi kelihatannya mereka tidak berniat menawarkan jumlah kompensasi yang layak,” imbuh Mahathir.

Pada bulan Mei, Mahathir mengatakan bahwa dia menunggu respon dari Goldman Sachs sebelum memutuskan apakah akan mengambil tindakan hukum terhadap bank raksasa asal Amerika itu terkait “tarif terlalu tinggi” untuk jasanya menjualkan surat utang 1MDB.

Sebelumnya pada Desember tahun lalu, Malaysia telah mengumumkan gugatan pidana terhadap Goldman Sachs, menuding bank kreditor itu menyesatkan investor ketika pihaknya mengetahui dana yang dikumpulkannya dari penjualan obligasi 1MDB disalahgunakan.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Oposisi Libya Mengadu ke Washington

Oposisi Libya Mengadu ke Washington

AS Ragu Adanya Senjata Pemusnah Masal

AS Ragu Adanya Senjata Pemusnah Masal

Lomba Sketsa Nabi Menghilang dari Facebook

Lomba Sketsa Nabi Menghilang dari Facebook

Lagi, Ratusan Mahasiswa Al-Azhar Keracunan Makanan

Lagi, Ratusan Mahasiswa Al-Azhar Keracunan Makanan

Kanselir Jerman Beri Dukungan Bersyarat untuk ‘Negara Yahudi’

Kanselir Jerman Beri Dukungan Bersyarat untuk ‘Negara Yahudi’

Baca Juga

Berita Lainnya