Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

WSJ: Kim Jong-nam Informan CIA

Bagikan:

Hidayatullah.com–Kim Jong-nam, abang dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang tewas dibunuh di Malaysia tahun 2017, merupakan seorang informan yang bekerja untuk dinas intelijen Amerika Serikat CIA, lapor Wall Street Journal hari Senin (10/6/2019) seperti dilansir Reuters.

Laporan WSJ itu mengutip seorang sumber yang tidak disebutkan namanya “yang mengetahui perihal itu”, dan mengatakan banyak detil tentang hubungan Jong-nam dan CIA masih belum jelas.

Reuters tidak dapat mengkonfirmasi secara independen laporan WSJ itu dan CIA menolak memberikan keterangan.

Orang tersebut mengatakan antara CIA dan Kim Jong-nam ada “hubungan”.

WSJ menulis bahwa beberapa mantan pejabat AS mengatakan sepertinya tidak mungkin Kim Jong-nam, yang tinggal di luar Korut sejak bertahun-tahun silam dan tidak punya basis pengikut yang kuat di Korut, bisa memberikan informasi penting tentang rezim Pyongyang.

Bekas pejabat-pejabat itu mengatakan justru yang lebih memungkinkan adalah dia memiliki kontak dengan dinas intelijen negara asing, terutama China.

Peran Kim Jong-nam sebagai informan CIA disebut dalam sebuah buku baru tentang Kim Jong-un, “The Great Successor”, yang ditulis reporter Washington Post Anna Fifeld yang diterbitkan hari Selasa (11/6/2019). Fifeld menulis bahwa Kim Jong-nam biasa bertemu dengan penghubungnya di Singapura atau Malaysia, mengutip sebuah sumber yang memiliki pengetahuan seputar intelijen.

Masih menurut buku tersebut, rekaman CCTV dari perjalanan Kim Jong-nam di Malaysia menunjukkan dia bertemu dengan seorang pria berwajah Asia di elevator sebuah hotel yang konon adalah agen mata-mata Amerika Serikat. Dikatakan pula bahwa tas ransel Kim, yang dibawa saat ajal menjemputnya, berisi uang tunai $120.000 yang diyakini sebagai bayaran untuk aktivitas berkaitan intelijen atau pendapatan dari bisnis kasinonya.

Pejabat-pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan bahwa pihak berwenang Korea Utara memerintahkan pembunuhan Kim Jong-nam, yang dikenal kristis terhadap rezim Pyongyang. Namun, tuduhan itu dibantah oleh pihak Korea Utara.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Dipuji Ikut Sumbang Miliaran Para Penghafal Al-Qur’an

Dipuji Ikut Sumbang Miliaran Para Penghafal Al-Qur’an

Pertama Kali di Dunia, Dubai Luncurkan “Fatwa Maya”

Pertama Kali di Dunia, Dubai Luncurkan “Fatwa Maya”

Proyek Pesawat Tak Berawak Mahasiswa Saudi

Proyek Pesawat Tak Berawak Mahasiswa Saudi

MILF dan Pemerintah Filipina Kembali Berunding

MILF dan Pemerintah Filipina Kembali Berunding

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Tiba-Tiba Mengundurkan Diri

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Tiba-Tiba Mengundurkan Diri

Baca Juga

Berita Lainnya