Filipina akan Lelang Perhiasan Sitaan dari Marcos

Filipina akan Lelang Perhiasan Sitaan dari Marcos
Sejumlah perhiasan yang disita dari keluarga mendiang diktator FIlipina Ferdinand Marcos.

Terkait

Hidayatullah.com—Sebuah berlian langka 25 karat dan tiara berhiaskan batu-batu permata termasuk perhiasaan bernilai jutaan dolar yang disita dari keluarga Marcos yang akan dilelang oleh pemerintah Filipina.

Presiden Rodrigo Duterte telah memberikan sinyal lampu hijau untuk pelelangan tiga set perhiasan yang disita dari keluarga dan orang-orand dekat mendiang diktator Ferdinand Marcos, kata sekretaris eksekutif pemerintah Filipina Salvador Medialdea hari Selasa (4/6/2019).

Koleksi perhiasan, diperkirakan bernilai $19 juta ketika terakhir kali ditaksir pada tahun 2015, disimpan di lemari besi bank sentral selama 30 tahun.

Dalam pernyataan Medialdea yang dikutip Bloomberg, Kantor Kepresidenan menyatakan tidak keberatan dengan aktivitas berkaitan penjualan koleksi perhiasan Marcos yang dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pelelangan itu diajukan kepada Duterte delapan bulan silam oleh sebuah komisi pemerintah yang bertugas mengembalikan uang negara yang dicuri rezim Marcos, yang diperkirakan mencapai $10 miliar.

Siapa saja, termasuk anggota keluarga Marcos, dipersilahkan mengikuti lelang tersebut, kata jubir kepresidenan Salvador Panelo hari Senin (3/6/2019).

Duterte sebelumnya pernah mengakui bahwa putri mendiang Marcos, Imee, membantu dana kampanyenya dan dia bersedia mengundurkan diri apabila putra Marcos, Bongbong, menang gugatan pemilu dan menjadi wakil presidennya.

Pemimpin Filipina itu juga memperbolehkan jasad Marcos, yang selama bertahun-tahun diawetkan, dikubur dengan upacara pemakaman selayaknya pahlawan.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !