Anjing Masuk Kelas Hibur Pelajar Denmark Supaya Tidak Stres

Anjing Masuk Kelas Hibur Pelajar Denmark Supaya Tidak Stres
Denmark bukan satu-satunya negara yang menggunakan hewan sebagai terapi di sekolah dan rumah-rumah perawatan

Terkait

Hidayatullah.com—Di sekolah Vester Mariendal di Aalborg, Denmark, seekor anjing labrador bernama Sif menjadi ‘hewan peliharaan’ semua siswa.

Anjing betina itu merupakan bagian dari inisiatif pengurang stres di kalangan pelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekedar menghadirkan seekor anjing di dalam kelas dapat membawa efek menenangkan dan membantu konsentrasi para siswa.

“Menurut saya kehadiran Sif dan efek menenangkan yang ditimbulkannya atas murid-murid yang stres menghadapi ujian sungguh luar biasa,” kata Stine Storgaard, seorang guru sekolah itu seperti dilansir Euronews Jumat (31/5/2019). “Kehadiran Sif di antara mereka sungguh sangat berarti,” imbuhnya.

Denmark bukan satu-satunya negara yang menggunakan hewan sebagai terapi di sekolah dan rumah-rumah perawatan. Namun, negara ini lebih unggul dalam hal ini, dan riset menunjukkan hewan peliharaan bisa menimbulkan efek positif bagi manusia.

“Hewan-hewan sudah digunakan contohnya di rumah-rumah penitipan anak dan sekolah-sekolah. Mereka membantu orang merasa lebih aman. Semakin banyak hewan dipergunakan untuk hal seperti ini dalam masyarakat,” kata Charlotte Glintborg, seorang profesor psikologi dari Universitas Aalborg.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !