Perangkat Huawei Tak Bebas Lagi Gunakan Android Google

Perangkat Huawei Tak Bebas Lagi Gunakan Android Google

Terkait

Hidayatullah.com–Alphabet Inc induk perusahaan Google menangguhkan bisnisnya dengan Huawei, menyusul keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memasukkan pabrikan perangkat teknologi asal China itu ke dalam daftar hitam.

Sebuah sumber yang dekat dengan masalah ini hari Ahad (19/5/2019) mengatakan kepada Reuters bahwa pembatasan bisnis Google dengan Huawei mencakup transfer hardware, software dan pelayanan teknis kecuali yang tersedia lewat open source licensing.

Meskipun demikian, para pengguna ponsel pintar Huawei yang menggunakan aplikasi-aplikasi Google masih dapat menggunakan dan mengunduh pembaruan aplikasi tersebut yang disediakan oleh Google, kata seorang jubir perusahaan asal AS itu mengkonfirmasi pemberitaan Reuters sebelumnya.

“Kami mematuhi perintah itu dan mengkaji implikasinya,” kata jubir Google tersebut.

“Bagi para pengguna layanan kami, Google Play dan perlindungan keamanan dari Google Play masih akan terus berfungsi pada perangkat-perangkat Huawei yang ada saat ini,” kata orang itu tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

“Huawei hanya akan bisa menggunakan Android versi publik dan tidak akan dapat mengakses aplikasi-aplikasi dan layanan lain yang berhak paten dari Google,” imbunya.

Menurut Google, saat ini ada sekitar 2,5 miliar gawai Android yang aktif di seluruh dunia.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !