Kenapa Pemuda Prancis Tak Peduli Pemilu Uni Eropa

Bagi mereka persekutuan itu lebih terlihat sebagai suatu kerumitan dibanding sebagai organisasi yang demokratis.

Kenapa Pemuda Prancis Tak Peduli Pemilu Uni Eropa
Uni Eropa

Terkait

Hidayatullah.com–Tidak sampai satu dari setiap empat pemuda Prancis berencana memberikan suaranya dalam pemilu Eropa 26 Mei mendatang. Mengapa mereka kelihatan tidak peduli untuk memilih wakil-wakilnya yang akan duduk di Parlemen Eropa?

Terlalu rumit, sangat tidak melibatkan, terlampau jauh, amat sangat membosankan, itu beberapa  alasan mengapa orang-orang muda di Prancis tidak acuh terhadap Eropa. Survei yang dilakukan Ifop terhadap pemuda di Prancis dan Uni Eropa, yang dirilis bulan April, menunjukkan bahwa dari 100 pemuda yang terdaftar sebagai pemilih sebanyak 77 di mengaku antaranya tidak akan memberikan suara dalam pemilu Eropa, lansir situs berita The Local Jumat (17/5/2019).

Mengapa demikian? Berikut beberapa penyebabnya.

Pemuda Prancis melihat Uni Eropa utamanya sekedar sebagai topik sejarah yang mereka pelajari di bangku sekolah. Bagi mereka persekutuan itu lebih terlihat sebagai suatu kerumitan dibanding sebagai organisasi yang demokratis.

Orang-orang muda di Prancis apabila bicara soal melancong ke luar negeri di benak mereka yang muncul adalah Amerika atau Australia, negara-negara lain di kawasan Eropa tidak terlihat eksotik di mata mereka, gak menarik.

Sikap orang muda Prancis juga dipengaruhi oleh tempat tinggalnya. Pemuda yang tinggal di kota-kota besar memiliki kesempatan lebih luas untuk melancong ke negeri-negeri tetangga dan mengenal budaya lain lewat program pertukaran pelajar seperti Erasmus. Namun, jika ayah kamu hanya seorang petani dan kamu ingin meneruskan usaha pertaniannya, kamu langsung diarahkan ke program Common Agricultural Policy, dengan kata lain pengetahuanmu lagi-lagi sebatas soal mencangkul ladang. Sangat berbeda kan dengan teman-temanmu di perkotaan.

Menurut survei yang dilakukan OpinionWay terhadap pemuda berusia 18-30 tahun, yang dilakukan pada 26 April, para pemuda Prancis rupanya pesimistik terhadap masa depan Uni Eropa. “Perasaan positif” mereka terhadap persekutuan ekonomi terbesar dunia itu melorot sampai 7 poin.

Setengah pemuda pemilik suara menganggap ikut serta dalam pemilu justru untuk menyuarakan penentangan mereka terhadap sistem atau cara Uni Eropa dijalankan, atau pilih abstain saja sekalian alias golput.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !